PT Krakatau Steel melakukan pengiriman pelat baja untuk P{embangunan IKN. (Foto Dok Humas KS)

JAKARTA, SSC – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melakukan pengiriman pelat baja Krakatau Steel Group untuk pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN). Pengiriman dilakukan pada Rabu, 21 Juni 2023.

Diketahui pada prosesi pengiriman ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Portofolio Krakatau Steel Agus Nizar Vidiansyah, Direktur Utama PT Siluet Nyoman Nuarta (Nuart) I Nyoman Nuarta, Perwakilan PT PP (Persero) Tbk, serta perwakilan dari PT. Cigading Habeam Centre yang menangani proses fabrikasi dan pengiriman dari pelat baja tersebut.

Pelat baja yang disuplai oleh Krakatau Steel ini akan digunakan untuk memproduksi instalasi desain Garuda di lokasi Istana Kepresidenan IKN yang dibuat desainnya oleh I Nyoman Nuarta. I Nyoman Nuarta adalah pematung Indonesia dan salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru. Mahakaryanya yang terkenal seperti diantaranya patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, patung Fatmawati Soekarno, Monumen Jalesveva Jayamahe, serta Monumen Proklamasi Indonesia.

Baca juga  HUT Kota Cilegon ke-25 Bakal Meriah, Akan ada Band Ibu Kota Jamrud di Hari Puncak

“Melalui pengiriman pelat baja ini, Krakatau Steel siap mendukung secara optimal untuk kebutuhan suplai material baja untuk kebutuhan artistik Istana Kepresidenan maupun kebutuhan konstruksi dan infrastruktur penunjang lainnya di IKN,” ungkap Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo dalam keterangan tertulisnya yang diterima selatsunda.com, Kamis (22/6/2023).

Purwono menenangkan, proyek pembangunan Istana Kepresidenan ini merupakan Kerja Sama Operasi (KSO) antara PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan mempercayakan kepada Nuart untuk mendesain dan membangun Istana Kepresidenan dengan berbahan dasar baja tahan korosi.

“Dalam proyek ini, suplai 1.550 MT pelat baja Krakatau Steel diproduksi melalui Krakatau Posco sesuai dengan spesifikasi SPAH berdasarkan requirement yang dibutuhkan. Kontribusi Krakatau Steel untuk memenuhi kebutuhan pembangunan Istana Kepresidenan di IKN ini mencapai lebih kurang 3.000 MT,” papar Purwono.

Baca juga  Pilkada Kota Cilegon Makin Hangat, Deklarasi Dukungan Robinsar Mengalir

Dijelaskankannya, Krakatau Steel mendukung program pemerintah untuk memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam setiap proyek pemerintah dimana pelat baja yang diproduksi sudah mencapai nilai ketetapan TKDN. Dari sisi kualitas, Krakatau Steel terus berinovasi dan memberikan produk-produk terbaik serta bermutu tinggi untuk kebutuhan IKN. Begitu juga Krakatau Steel senantiasa memberikan layanan terbaik seperti misalnya dengan komitmen pengiriman tepat waktu.

“Kerja sama dengan Nuart ini merupakan bagian dari kesiapan dan komitmen untuk suplai kebutuhan infrastruktur IKN. Semoga ke depan Krakatau Steel dan Group dapat terus bersinergi dalam rangka pembangunan IKN maupun pembangunan infrastruktur lainnya di Indonesia,” tutup Purwono. (Red)