Suasana kapal saat sandar dan labuh di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

JAKARTA, SSC – Penyeberangan di lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni pada libur Hari Raya Waisak yang jatuh pada akhir pekan atau bertepatan dengan long weekend dalam kondisi ramai lancar. Kondisi yang sama juga terjadi pada Penyeberangan di lintas Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan, momen long weekend yang dimulai pada hari Kamis (1/6) bertepatan dengan libur nasional Hari Lahir Pancasila, dilanjut dengan cuti bersama dan libur Hari Raya Waisak yang jatuh tepat pada Minggu (4/6/2023).

“Karena long weekend, antusiasme sebagian masyarakat cukup tinggi, ada yang ingin berlibur dan melakukan trip via darat membawa kendaraan bersama keluarga, sehingga terjadi peningkatan trafik bilang dibandingkan hari normal,” ungkap Shelvy, Jumat (2/6/2023).

ASDP, kata Shelvy memastikan layanan penyeberangan dan pelabuhan khususnya di lintas Merak – Bakauheni dan Ketapang Gilimanuk telah siap melayani pengguna jasa yang akan bepergian menggunakan kapal penyeberangan.

Baca juga  Sambut Idul Adha 2024, Krakatau Steel Serahkan Bantuan 211 Hewan Kurban

“Di Merak – Bakauheni saat ini beroperasi 29 unit kapal selama 24 jam yang dilayani total 6 dermaga. Kami telah antisipasi karena long weekend, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik 3-5 persen, bila dibandingkan hari normal,” terangnya kembali.

Pihaknya berharap, para pengguna jasa yang akan berlibur dengan menggunakan kapal ferry agar mengatur waktu perjalanan agar tidak mengalami antrian. Dan untuk kelancaran perjalanan, idealnya pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya.

“Ini kuncinya, agar melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari melalui Ferizy. Karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan,” harapnya.

Berdasarkan data Pelabuhan Merak selama 24 jam (periode 1 Juni 2023 pukul 08.00 WIB hingga 2 Juni 2023 pukul 08.00 WIB), tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit kapal dengan total 100 trip. Adapun realisasi total penumpang mencapai 32.231 orang dengan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 2.163 orang.

Baca juga  Penyelundupan Benih Lobster Diungkap Lanal Banten, 77 Ribu Ekor Diamankan

Untuk realisasi kendaraan roda dua mencapai 1.066 unit sedangkan realisasi kendaraan roda empat mencapai 3.572 unit. Adapun total seluruh kendaraan tercatat 7.608 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada hari menjelang libur panjang awal Juni 2023.

Sebaliknya, data Pelabuhan Bakauheni pada periode yang sama (24 jam) tercatat realisasi total penumpang mencapai 26.377 orang dengan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 1.606 orang.

Untuk realisasi kendaraan roda dua mencapai 679 unit sedangkan realisasi kendaraan roda empat mencapai 3.113 unit. Adapun total seluruh kendaraan tercatat 6.991 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa. (Ronald/Red)