CILEGON, SSC – Memasuki libur panjang Lebaran, Arus kendaraan menuju objek wisata Anyer macet parah. Pengunjung harus rela macet hingga tujuh jam lamanya.

Informasi yang diterima Selatsunda.com, kemacetan ini mulai mengular hingga keluar gerbang tol Cilegon Timur menuju Jalan Lingkar Selatan (JLS), hingga ke Pantai Wisata Anyer.

Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Koerniawan mengatakan, arus kendaraan menuju objek wisata Anyer tergolong padat. Hal itu terlihat dari meningkatnya volume kendaraan yang melintas di simpang tiga JLS, Ciwandan menuju pantai Anyer dan sekitarnya.

“Kendaraan yang akan menuju Merak cukup sepi, beralih ke arah Anyer dan Carita. Ruang gerak JLS hingga Anyer, Carita dan Karang Bolong,” kata Tomex saat ditemui di Pos Lalu Lintas (Lantas) Simpang JLS-Ciwandan, Minggu (17/6/2018).

Agar arus tidak bertabrakan, kata Tomex, kendaraan dari arah anyer menuju Cilegon atau Serang dialihkan ke jalur alternatif. Wisatawan yang hendak kembali ke arah Serang atau Pintu tol Serang Barat bisa lewat jalur Mancak melalui Pasar Anyer. Begitu juga yang ke arah Cilegon atau Gerbang Tol Cilegon Barat dapat melalui Cigading dan masuk ke dalam kawasan Industri KIEC.

“Sampai Pasar Anyer, kita maksimalkan untuk menarik kendaraan ke Pasar Anyer Kendaraan dari Carita keluar, ini juga cukup berimbang,” jelasnya.

Sementara, Plt Dishub Provinsi Banten Herdy Jauhari mengatakan, arus kendaraan ke pantai Anyer melalui arah Kabupaten Pandeglang juga mengalami kemacetan. Terpantau, lalu lintas dari Pasar Baros menuju lokasi wisata mengalami kepadatan yang cukup tinggi. Sementara arah Pertigaan Teneng mengalami macet parah.

“Menuju Anyer melalui  Cipali – Teneng dibelokan sedikit ke arah Labuan untuk mengurai kemacetan di pertigaan,” kata Herdy.

Staf Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS), Rawiyah Hijrah memaparkan, kendaraan di tol Tangerang-Merak yang keluar gerbang tol Cilegon dan Serang sangat padat. Selama libur panjang Lebaran, banyak pengguna tol berwisata ke pantai Anyer dan sekitarnya.

“Jumlah kendaraan yang melintas Tol Tangerang-Merak sementara sampai shift 1, pukul 14.00 WIB, sebanyak 45.007 kendaraan, pungkasnya. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here