Sekda Kota Cilegon, Maman Mauludin. Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

ClLEGON, SSC – Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin mengingatkan seluruh OPD terkait percepatan serapan anggaran. Mengingat, Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Cilegon pada Tahun 2023 ini sudah memasuki penghujung Semester I.

Maman mewanti-wanti, jika nanti saat evaluasi didapati OPD serapannya rendah maka anggaran akan dipangkas.

“Awas mungkin akan saya evaluasi (OPD) penyerapan anggarannya. Saya akan potong jika anggaran yang mereka minta tidak dipakai,” kata Maman kepada Selatsunda.com, Senin (12/6/2023).

Maman menambahkan, meski saat ini dirinya belum mengetahui secara detail pencapaian anggaran di setiap OPD, ia memastikan akan melakukan evaluasi serapan anggaran pada Juli 2023 mendatang.

“Juli saya akan koreksi mana saja yang tidak dipakai (anggaran). Jadi jangan leha-leha teman-teman ini. Berapa kali saya sudah sampaikan di rapat dinas. Tapi nyatanya semua belum pada jalan (proyek pekerjaan),” tegas Maman.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Sementara itu, Plt Kepala Disperindag Kota Cilegon, Syafrudin tak menampik, penyerapan anggaran di Disperindag Cilegon hingga Mei 2023 baru mencapai 29 persen. Sementara penyerapan anggaran pada 2023 ditargetkan 80 persen.

“Memang dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Tim Bappedalitbang, pencapaian penyerapan anggaran baru 29 persen hingga Mei 2023 ini. Tapi ini masih dalam proses,” jelas Syafrudin.

Ia menjelaskam, pada 2022 lalu, penyerapan anggaran di Disperindag Cilegon telah mencapai 79 persen.

“Kita upayakan di 2023 akan pencapaian penyerapan anggaran bisa sesuai target. Untuk mencapai itu, kami akan menyusun rencana kegiatan di Disperindag sesuai dengan kas budjet yang ada di sini,” pungkasnya. (Ully/Red)