Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cilegon Tb Dendi Rudiatna. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Sejumlah Kantor atau Gedung Pemerintahan akan dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cilegon pada tahun ini. Gedung atau kantor yang akan dibangun diantaranya Gedung Dinas Sosial (Dinsos), Gedung Assesment Center dan Gedung Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cilegon Tb Dendi Rudiatna mengatakan, pembangunan Gedung yang akan menjadi konsen pihaknya saat ini adalah pembangunan Gedung Dinsos. Penyediaan Gedung Dinsos sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat.

Dendi mengungkapkan, rencana pembangunan Gedung Dinsos sempat dilakukan pada Tahun 2023. Namun saat itu terjadi gagal lelang.

Pada tahun ini, pembangunan Gedung Dinsos kembali dianggarkan. Pada perjalanan lelang beberapa bulan lalu, kata Dendi telah terdapat  dua calon pemenang, akan tetapi keduanya dinyatakan gagal oleh ULP Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda karena terdapat adminsistrasi yang belum memenuhi persyaratan.

Baca juga  Helldy-Alawi Resmi Terima SK DPP PAN Bertarung di Pilkada Cilegon 2024

“Nah info tersebut disampaikan bidang ULP (unit layanan pengadaan) ke kami bahwa pelelangan untuk Dinas Sosial itu gagal dan diserahkan kembali ke kita apakah mau dilelang ulang atau ditunda sama sekali. Dari rapat internal kami di PU akhirnya kami melaksanakan pelelangan ulang,” ungkap Dendi kepada Selatsunda.com saat ditemui di kantornya, Selasa (25/6/2024).

“Dengan rencana pelelangan ulang ini rencananya SPK (surat perintah kerja) itu terbit disekitar bulan Agustus jadi untuk konstruksinya sekitar 5 bulan lah,” sambungnya.

Untuk lelang kedua saat ini, kata Dendi, pihaknya berharap lelang bisa terdapat pemenangnya sehingga pembangunan dapat terealisasi.

“Pada prinsipnya kami ingin segera sukses pelelangan ini biar pembangunan untuk Gedung Dinsos ini bisa terlaksana,” terang Dendi.

Dendi menyebutkan, Gedung Dinsos akan dibangun di sekitar Jalan Bonakarta dengan luasan lahan sekitar 3 ribu meter persegi dan luas bangunan sekitar 1800 meter persegi.

Baca juga  Pengurus DPW ISAA Banten 2024-2028 Dilantik, Ini yang Disampaikan Ketum DPP Aris

“Bangunannya dua lantai, anggaran kurang lebih Rp15 miliar,” papar Dendi.

Dendi selain pembangunan Gedung Dinsos juga menyinggung DPUPR pada tahun ini akan merehab gedung eks Kejari Cilegon yang akan dijadikan asesment center. Kemudian, pembangunan juga dilakukan pada Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) di depan Kelurahan Masigit serta Gedung Badan Kesbangpol dibelakang kantor Satpol PP.

“Gedung asesment kurang lebih di bulan Juli keluar SPK nya. Sekitar Rp4 miliar rehab bangunan interior di dalamnya sama landscape juga,” tutur Dendi.

Utuk gedung MUI dan Kesbangpol, kata Dendi saat ini sedang proses review di ULP kemungkinan pekan depan sudah tayang proses lelangnya.

“MUI itu anggarannya kurang lebih Rp1, 7 miliar kalau itu satu lantai. Kalau Kesbangpol 2 lantai Rp7 miliar,” pungkasnya. (Ronald/Red)