CILEGON, SSC – Rencana Pemerintah Kota Cilegon untuk membangun Medical Center RSUD Kota Cilegon tampak mulai direalisasikan. Tampak, pembangunan gedung yang memiliki lima lantai ini sudah mulai dilakukan.

Kepala Bagian Umum RSUD Cilegon Rommy Dwi Ramansyah mengatakan, pembangunan Medical Center RSUD Kota Cilegon menelan anggaran Rp 111 miliar. Anggaran proyek pembangunan ini bersumber dari dua pendanaan yakni Dana Alokasi Umum (DAU) Pusat dan APBD Kota Cilegon 2024. Untuk DAU bersumber dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan nilai sebesar Rp 20 miliar. Sedangkan dari APBD sebesar Rp 30 miliar.

“Jadi pembangunan medical center 5 lantai ini ada 2 tahap. Tahap pertama anggarannya Rp 50 miliar dan tahap kedua sebesar Rp 58 miliar,” kata Rommy kepada Selatsunda.com ditemui di ruanganya, Senin (8/7/2024).

Baca juga  Petahana Helldy Nilai Pasangan Isro-Uyun Merupakan Pesaing di Pilkada Cilegon

Mantan Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau DPUPR Kota Cilegon menjelaskan, untuk tahap pertama ini, pihaknya sedang mengerjakan Spun pile atau pembangunan tiang pancang berbentuk bulat dan berongga dengan diameter 50 centimeter dengan kedalaman 9 meter.

“Kami targetkan untuk pekerjaan ini selesai di 20 Juli mendatang. Selain pemasangan Spun pile, kami juga memasang pembersihan palket di proyek pekerjaan ini. Semua pekerjaan yang kami kerjakan ini tentu saha dengan prosedur-prosedur teknis sesuai dengan aturan,” ujar Rommy.

Lebih lanjut, Rommy menjelaskan, jika Spun pile atau pembangunqn tiang pancang berbentuk bulat dan berongga ditargetkan rampung di Desember 2024.

“Jadi dari Mei hingga Desember anggaran yang sudah dihabiskan sebesar Rp 7 miliar,” lanjutnya.

Ia mengharapkan agar pembangunan tersebut berjalan lancar dan tidak ada kendala, serta memohon doa dan dukungan agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga  Isro Miraj Buka Suara Pindah Partai untuk Maju di Pilkada Cilegon 2024

“Gedung medical center RSUD Kota Cilegon akan dibangun dengan lima lantai dan terdapat rooftop di atas gedungnya,” kata Rommy.

Rencananya, lantai satu Medical Center untuk IGD dengan kelengkapannya kamar operasi untuk tindakan darurat, lalu penunjang darurat lainnya.

Lantai dua instalasi bedah sentral. Di lantai ini akan ada kamar operasi khusus jantung dan juga catlab.

“Lantai tiga itu ICCU itu ICU khusus jantung, lalu ada HCU . Lantai empat ada kamar rawat inap kelas satu dan direncanakan untuk unit medical check up. Lantai lima ada kamar perawatan VIP dan VVIP, serta di rooftop nanti ada untuk rooftop garden dan cafetaria,” paparnya. (Ully/Red)