Ratusan pegawai di Dinas Perhubungan Kota Cilegon mengikuti tes urine yang diselenggarakan BNNK Cilegon di Kantor Dishub, Senin (6/9/2021). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Ratusan pegawai yang bekerja di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon menjalani tes urine, Senin (6/9/2021).  Tes terhadap 162 pegawai untuk seluruh tingkatan pegawai bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Cilegon untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

Plt Kepala Dishub Cilegon, Andi Affandi mengatakan, tes diselenggarakan sebagaimana instruksi yang disampaikan Walikota Cilegon, Helldy Agustian agar seluruh ASN bersih dari narkoba. Ia menginginkan agar, ke depan bukan hanya dishub tetapi juga masyarakat bisa sama-sama mencegah peredaran narkoba.

“Harapan kami secara berkala, kita lakukan ke depan. Ini mendidik baik pegawai maupun masy, narkoba ini harus kita bisa cegah bersama,” ujar Andi di sela-sela kegiatan.

Baca juga  Lapas Cilegon Butuh Bantuan Pemkot  Pasarkan Hasil Karya Narapidana

Sedikitnya dari jumlah 240 pegawai, 163 pegawai telah dilakukan tes urine. Adapun puluhan yang belum mengikuti tes urine akan mengikuti tes selanjutnya.

“163 orang melakukan tes urin. Bagi yang belum kita akan lakukan tes urine di BNN,” terangnya.

Andi menyatakan, bilamana terdapat pegawai yang terindikasi positif narkoba maka akan disanksi dengan aturan yang berlaku.

“Ini dalam rangka preventif kalau masih bisa ditangani, dilakukan adminstrasi ringan oleh BNN. Kalau sudah berat kita lakukan konsultasi,” tuturnya.

Sementara Kepala BNNK Cilegon, Raden Fadjar Widjanarko mengatakan, tes urine di Dishub Cilegon dilakukan secara mendadak. Ia menyatakan, tes tersebut dilakukan agar pegawai di lingkungan Dishub terbebas narkoba.

Baca juga  Begini Tanggapan Walikota Helldy Komentari Pernyataan Iman Ariyadi

Ia menyatakan, tes juga salah satu langkah daerah mendukung program nasional dalam upaya menjalankan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Ini sebagaimana mengikuti Inpres Nomor 2 Tahun 2020 dan Permendagri Tahun 2019 terkait dengan rencana aksi nasional dan daerah. Terkait dengan P4GN. Jadi ini bentuk sinergitas kami BNN dengan Dishub,” pungkasnya. (Ronald/Red)