Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto (kanan) meninjau Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Senin  (1/4/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meninjau Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Senin  (1/4/2024). Menko Polhukam hadi datang didampingi Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Dirut PT ASDP, Ira Puspadewi, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar dan Walikota Cilegon, Helldy Agustian.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto saat tiba di Mal Sosoro, Pelabuhan Merak langsung mengadakan rapat. Usai rapat, Menko Polhukam Hadi bersama Kapolri Sigit dan Panglima TNI Agus menyapa para penumpang. Rombongan juga menyempatkan diri untuk menaikkan kapal.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyatakan, pemerintah menjamin keamanan para pemudik mulai dari keberangkatan sampai ke tempat tujuan. Demikian juga pada mudik balik dari tujuan sampai ke tempat asalnya dengan aman dan nyaman.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

Dalam menghadapi mudik Lebaran 2024, pemerintah telah merencanakan berbagai persiapan. Baik jalan tol, jalur jalan nasional hingga dermaga di pelabuhan. Termasuk juga pos mudik baik pos pelayanan dan pengamanan.

“Apa saja yang sudah dipersiapkan, di seluruh jalur baik di jalur bebas hambatan, jalur jalan nasional, kemudian dermaga, semuanya sudah dipersiapkan baik-baik. Itu pos keamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu semuanya sudah dipersiapkan. Sehingga dari kesiapan yang sudah dilaksanakan ini akan menjamin keamanan para pemudik,” ucap Menko Polhukam Hadi.

Hadi menjelaskan, pemerintah juga telah merencanakan strategi jika terjadi kemacetan. Apabila terjadi penumpukan kendaraan di dermaga, tindakan kontinjensi dengan menyediakan lahan parkir yang luas.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

“Demikian juga kita juga sudah memikirkan apabila terjadi abnormal condition, rencana tindakan kontinjensi diantaranya adalah apabila terjadi kemacetan apa yang harus dilakukan. Tindakannya adalah dengan mencarikan jalan alternatif. Kemudian apabila terjadi penumpukan di dermaga, juga tindakannya apa, tindakannya juga disiapkan tempat parkir yang luas,” ucapnya.

Ia pun mengimbau kepada pemudik agar mudik aman dan lancar dapat membeli tiket satu hari sebelum keberangkatan.

“Saya juga mengimbau apabila ingin melaksanakan mudik dengan lancar, satu hari sebelum berangkat agar segera membelikan tiket dan segera mengisi di aplikasi di manifest, yang ada di aplikasi masing masing. Ini segera dilaksanakan,” tuturnya. (Ronald/Red)