Walikota Serang, Syafrudin saat memberikan sambutan pada kegiatan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Ekonomi Digital di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (30/9/2020). Foto Fathul Rizkoh/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Pemerintah Kota Serang mengajak pelaku usaha yang ada di Kota Serang untuk memahami ekonomi digital atau melek teknologi. Tujuannya agar pelaku usaha dapat bertransformasi melakukan aktivitas perekonomian meski di tengah pandemi Covid-19 masih terjadi.

Asisten Daerah II Kota Serang, Imam Rana Hardiana mengungkapkan, kegiatan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi digital harus diberikan kepada masyarakat. Sebab, tidak semua pelaku usaha mengerti sistem ekonomi digital.

“Kegiatan ini untuk peningkatan kapasitas pelaku usaha, kita berikan penambahan pengetahuan ekonomi digital,” ujar Asda II Kota Serang, Imam Rana Hardiana kepada awak media di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (30/9/2020).

Ia menjelaskan, ekomoni digital yang dimaksud seperti penggunaan aplikasi yang tersambung pada jaringan internet. Dengan mengimplementasikannya ke dalam sistem digital, kata dia, ekonomi bisa ditingkatkan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

“Sarana prasarana, dan hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem ekonomi digital, seperti siapa itu pelakunya dan bagaimana melakukannya,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa, kegiatan yang diikuti pleh 70 pelaku usaha seperti koperasi, himpunan pelaku usaha pribumi dan sebagainya, agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Makanya, ini salah satu cara mentransformasi pengetahuan, targetnya agar pelaku usaha tidak gagap teknologi, bisa berpengaruh kepada mereka,” tambahnya

Sementara itu, Walikota Serang, Syafrudin mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan pelaku usaha. Sebab, bisa memicu para pelaku tetap melakukan keberlangsungan usaha.

“Jangan sampai, para pelaku menutup usahanya akan tetapi, dengan memerhatikan cara lain baik dengan cara digital seperti ini,” kata Walikota Serang, Syafrudin.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Ia mengingatkan, di masa pandemi semua sektor berdampak baik pendidikan, pelaku usaha. Namun bagaimana cara menghadapi dan tetap bertahan dalam situasi saat ini. (SSC-03/Red)