Petugas tengah memasang kamera pengawas di area Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Kamis (21/9/2023) Foto Dokumentasi UPTD Pasar Kranggot

CILEGON, SSC – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon terus berupaya menjaga keamanan dan kondusifitas di area Pasar Kranggot dari kejahatan.  Salah satu upaya yang dilakukan dengan pemasangan kamera pengawas (CCTV) di 20 titik.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Kota Cilegon, Ema Hermawati membenarkan, jika pihaknya tengah memasang kamera pengawas. Pemasangan kamera pengawas ini bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Reguler Kota Cilegon 2023.

“Benar 20 titik CCTV kami pasang di area Kranggot. CCTV kami pasang di Pasar Kranggot untuk memberikan kenyananan bagi penjual dan pembeli guna mengantisipasi terjadinya pencurian,” kata Ema kepada Selatsunda.com, Kamis (21/9/2023).

Ema menambahkan, pada 2023, Disperindag baru memasang kamera pengawas di area Pasar Kranggot. Sementara untuk pasar Blok F sudah memiliki kamera pengawas. Untuk di Pasar Merak, sebelumnya telah ada pemasangan namun sering hilang.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Tahun ini baru Pasar Kranggot dulu. 1 CCTV ini bisa memantau 7 titik,” ujar Ema.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Dani Rachmat mengaku senang dengan telah dipasangnya CCTV di area Pasar Kranggot. Dengan dipasangnya CCTV ini, keamanan dan kenyamanan pedagang dan pembeli bisa lebih baik.

“Kita tahu bersama jika luas Pasar Kranggot sekitar 2,6 hektar persegi. Dengan harapan, dipasangnya CCTV ini, kita bosa pantau aktivitas pedagang dan pembeli, bisa mengawasi warga yang membuang sampah di kali,” pungkasnya. (Ully/Red)