CILEGON, SSC – Sejumlah partai politik di Kota Cilegon baik Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Berkarya mulai membentuk tim khusus. Langkah pembentukan tim ini untuk memetakan kekuatan politik jelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Cilegon 2020.

Ketua DPD PKS Kota Cilegon Abdul Ghoffar dikonfirmasi tak menampik hal itu. Tim khusus Pilkada yang dibentuk tak jauh berbeda saat di Pileg 2019.

“Kini kita tengah mempersiapkan semuanya jelang pilkada. Dalam waktu dekat, kami akan membentuk tim khusus. Formasinya tidak akan jauh berbeda dengan tim khusus pileg kemarin,” kata Ghofar, kemarin.

Ghoffar menambahkan, tugas yang dilakukan tim salah satunya nanti mensurvey kader-kader internal maju pada Pilkada 2020.

“Kader-kader internal kami akan dilihat popularitas dan elektabilitasnya. Nama-nama ini kemudian hari akan kami sodorkan kepada partai lain. Kemudian kami lihat responsnya, apakah positif atau tidak,” tambahnya.

Tak jauh berbeda, Dewan Pembina DPD Partai Golkar Cilegon Fakih Usman Umar mengatakan Golkar juga sudah membentuk tim khusus. Tugasnya masih sebatas mensurvey kader internal yang berpotensi maju calon kepada daerah mendatang.

“Nanti tugas mereka akan melakukan survey ke seluruh kader internal. Tapi, untuk saat ini kita, belum melakukan pembicaraan apapun jelang pilkada,” ujar Fakih.

Hal senada yang dikatakan Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Cilegon Reno Yanuar yang telah membentuk tim khusus tersebut.

“Sudah kami bentuk tim ya. Nanti, tim inilah yang selanjutnya akan melakukan komunikasi ke partai-partai lain,” ujarnya.

Di PDIP sendiri, lanjut Reno telah memutuskan jika dirinya yang dimandatkan maju pada Pilkada Cilegon 2020. Tim sudah bergerak untuk mencari pasangan yang berpotensi mendmapingi dirinya.

“Sejauh ini sudah ada tiga nama yang terjaring. Dua diantaranya untuk C1, satu lagi untuk C2,” tuturnya.

Semebtara, Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian mengatakan, penjajakan dan survey juga tengah dilakukan pihaknya.

Tim khusus yang telah dibentuk ini, akan ditugaskan untuk berkomunikasi dengan sejumlah partai membicarakan pilkada 2020.

“Sekarang masih dalam proses penjajakan oleh tim. Nanti barulah akan bertugas untuk melakukan pendekatan kepada para partai lain,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here