SERANG, SSC – Meningkatnya angka pasien terkonfirmasi covid-19 (virus corona) membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang meningkatkan keperdulianya kepada masyarakat.

Salah satunya dengan mendistribusikan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) ke 29 kecamatan dan 31 puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Serang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma melalui Koordinator Pusat Pengendalian Operasional BPBD Kabupaten Serang Jhoni E Wangga mengatakan, tujuan pemberian APD ini sebagai salah satu upaya Pemkab Serang guna memutus rantai penyebaran virus corona di masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Serang.

“Jumat (27/11/2020) kemarin, kami (BPBD) Kabupaten Serang menyerahkan 2.000 masker ke 28 kecamatan dan 31 puskesmas berupa 6200 baju hazmat, masker langsung diserahkan secara simbolis oleh Pak Sekda Kabupaten Serang (Tb Entus Mahmud). Tujuan pemberian APD ini, sebagai upaya Pemkab Serang dalam memutus penyebaran virus corona. Selain itu, kami pun mengajak masyarakat Kabupaten Serang untuk lebih perduli dan sadar terhadap protokol kesehatan (prokes),”kata Jhoni kepada Selatsunda.com terkonfirmasi,” Sabtu (28/11/2020).

Ia menambahkan, masing-masing puskesmas menerima jatah APD dari Pemkab Serang sebanyak 200 APD.

“Karena banyak APD yang belum diambil oleh pihak kecamatan dan puskesmas, kami berinisiatif untuk jemput bola untuk mengantarkan APD ini ke mereka (kecamatan dan puskesmas). Tapi secara simbolis, hari Jumat kemarin, Pak Sekda yang menyerahkan secara langsung ke perwakilan kecamatan dan puskesmas,” tambah Jhoni.

Menurut Jhoni, berdasarkan gambaran umum dari peta sebaran covid-19 Kabupaten Serang, pasein yang terkonfrimasi virus corona kebanyakan masyarakat/warga beraktivitas diluar Kabupaten Serang sehingga tertular ke warga.

“Iyah kebanyakan pasien yang terkonfirmasi ini dari luar Kabupaten Serang sehingga menyebar luar. Oleh karena itu, kami (Pemkab Serang) berupaya keras untuk memutus penyebaran covid-19. Kami pun mengajak masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dan menerapkan 3 M (menjaga jarak, mencuci tangan dan menjahui kerumunan),” pungkas Jhoni.

Perlu diketahui, berdasarkan Peta Identifikasi Sebaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Serang di Dinas Kesehatan Kabupaten Serang pada, Sabtu (28/11/2020) pada pukul 17.00 WIB total pasien corona di Kabupaten Serang mencapai 915 orang dengan rincian 214 orang masih diisolasi mandiri, 29 orang masih dirawat di rumah sakit, 26 orang meninggal dunia dan 619 orang sembuh. (Ully)