Ilustrasi (fotografis Selatunda.com)

CILEGON, SSC – Kasus terkonfirmasi positif Corona virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Cilegon terus melonjak. Dalam sehari pasien yang terkonfrimasi positif Covid-19 sebanyak 5 orang dari total keseluruhan 91 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Cilegon Dana Sujaksani membenarkan pada Senin (24/8/2020) terdapat 5 orang warga di Cilegon terkonfirmasi Covid-19. Tingginya pasien terkinfirmasi corona ini, karena masih kurang perdulinya masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Memang benar kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan masih sangat kurang. Masyarakat masih sangat kurang untuk menjaga jarak, menggunakan masker,” kata Dana saat dihubungi melalui telepon, Senin (24/8/2020).

Untuk mencegah penularan virus corona, sambung Asda III, bila Pemkot Cilegon gencar melakukan sosialisi ke masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Agar pendisplinan berjalan optimal, sanksi denda bagi yang tidak menggunakan masker bisa diterapkan.

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

“Himbauan dan woro-waro tetap kita (Pemkot Cilegon) sering lakukan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Tapi, sampai saat ini sanksi tegas bagi masyarakat yang melanggar masih belum ada. Semestinya, ada sanksi tegas ada. Sehingga dengan sanksi ini masyarakat bisa lebih mematuhi protokol kesehatan,” sambung Dana.

Disinggung mengenai perwal, Dana menjelaskan, saat ini Bagian Hukum Pemkot Cilegon tengah menyusun regulasi yang ada di perwal tersebut.

“Draft perwal sedang disusun oleh Bagian Hukum. Semoga saja segera selesai sehingga ada sanksi tegas bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan,” pungkasnya.

Perlu diketahui berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Pada Senin (24/8/2020) total warga Serang terkonfrimasi Covid-19 mencapai 91 orang dari hari sebelumnya 86 orang. Sementara 27 orang masih dirawat, 60 orang selesai perawatan, dan 4 orang meninggal dunia.

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

Sebanyak 913 orang kontak erat, 97 masih dipantau, 816 orang selesai pemantauan. 1.059 orang suspek corona, 52 orang masih diisolasi, 958 orang selesai isolasi, dan 49 orang meninggal dunia. (Ully/Red)