Puluhan buruh yang tergabung dalam Komunitas Tenaga Kerja (Komputer) Kota Cilegon menggelar deklarasi dukungan Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, Iye Iman Rohiman-Awab di Jungle Park, Senin (24/8/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pasangan bakal calon walikota (bacalon) walikota Cilegon Iye Iman Rohiman-Awab mendengarkan aspirasi yang disampaikan kaum buruh saat Deklarasi dukungan buruh yang digelar di Jungle Park, Kota Cilegon, Senin (24/8/2020).

Dalam deklarasi tersebut, puluhan buruh yang tergabung dalam Komunitas Tenaga Kerja (Komputer) Kota Cilegon meminta kepada bacalon Iye Iman Rohiman-Awab bisa membantu menyelesaikan persoalan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan pengangguran yang sering terjadi di Kota Cilegon.

Ketua Komunitas Peduli Tenaga Kerja Kota Cilegon, Maman Hilman mengatakan, Kota Cilegon saat ini dihadapkan dengan persoalan pengangguran dan PHK besar-besaran oleh sejumlah industri. Namun, kondisi tersebut tidak mendapat tindaklanjut dari pemerintah.

“Itulah yang musti dilakukan oleh Pak Iye-Awab bagaimana menuntaskan persoalan pengangguran dan PHK yang terjadi di Kota Cilegon. Di Cilegon banyak industri namun keberadaan mereka itu hingga sekarang belum mengakomodir banyaknya pengangguran dan PHK di Cilegon. Apalagi, belum lama ini, PT Krakatau Steel melakukan PHK besar-besaran,” kata Maman kepada awak media usai deklarasi,” Senin (24/8/2020).

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

Ia berharap, agar Iye-Awab jika nanti menang dan terpilih menjadi kepala dan wakil kepala daerah di Pilkada Cilegon bisa memberi solusi untuk kaum buruh. Sehingga angka pengangguran ditekan dan PHK tidak lagi terjadi di Cilegon.

“Mudah-mudahan ke depan, masyarakat Kota Cilegon tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, juga terhindar dari ancaman PHK,” harapnya.

Menanggapi hal ini, Bakal Calon Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman berjanji apabila dirinya dan Awab menang pada Pilkada Cilegon, keduanya tidak akan memperkaya diri sendiri. Melainkan akan memikirkan nasib masyarakat salah satunya menuntaskan masalah pengangguran dan PHK.

“Tentunya ketika saya dan Pak Awab menjadi walikota dan wakil walikota Cilegon tidak akan memperkaya diri sendiri. Melainkan akan memprioritaskan nasib warga Cilegon,” tegas Iye.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Senada dengan Iye, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Iye-Awab, Sahruji juga mengatakan Iye-Awab berkomitmen untuk menangani masalah pengangguran di Cilegon. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan kemudahan perizinan kepada para investor yang akan berinvestasi.

“Tentunya harus ada kemudahan yang diberikan oleh pemerintah ketika investor tersebut masuk ke Cilegon. Karena, dengan kemudahan ini tentunya akan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja. Dan otomatis pula persoalan PHK dan pengangguran di Kota Cilegon dapat ditekan,” pungkasnya. (Ully/Red)