Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah, H Ali Mujahidin menghadiri Ikhtifalan cabang Al Khairiyah Ramanuju Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Minggu (16/2/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah, H Ali Mujahidin mengajak kepada para generasi muda di Kota Cilegon untuk dapat meningkatkan kembali eksistensi keberadaan madrasah. Sebab, keberadaan madrasah dianggap sangatlah penting untuk membekali putra-putri Cilegon dalam mengisi peradaban hari ini dan masa depan.

“Peran madrasah di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting. Oleh karena itu, peran madrasah tentunya harus lebih di nomor satukan,” kata Ali Mujahidin saat menghadiri Ikhtifalan cabang Al Khairiyah Ramanuju Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Minggu (16/2/2020).

Ia menjelaskan, sejak dini madrasah mengajarkan tauhid dan aqidah, serta akhlak atau adab terhadap Allah SWT untuk menjalankan perintahNya. Kemudian mengajarkan akhlaq terhadap Rosulullah SAW dengan mengikuti sunnah-sunnah Rosulullah.

Selain itu kata Ali, madrasah juga mengajarkan tentang adab terhadap Al-quran dengan cara membaca dan mengamalkannya, adab terhadap orang tua, adab terhadap guru dan ustadz, serta adab terhadap teman tetangga dan sesama.

Menurutnya, ada 3 peran yang dimiliki madrasah yang patut diingat. Yakni,
madrasah merupakan tempat peletakan dasar dan pondasi tauhid dan aqidah bagi peserta didiknya. Di sekolah SD, anak-anak diajarkan tentang PAI dan lebih didapat pendalaman ilmu agama. Di Madrasah anak anak juga dikenalkan tauhid qidah serta cabang-cabangnya, tauhid ulihiya, tauhid rububbiyah, asma wassifat dan sebagainya yang tidak detail di ajarkan di sekolah umum.

Kedua, madrasah mengajarkan anak tentang Akhlaqul Karimah, yang tentunya berbeda maknanya dengan moral dan etika. Akhlaqul Karimah dimaksud bagaimana perilaku anak-anak sejak dini diajarkan tentang perilaku dan adab terhadap Allah, dan Rosulnya, kepada orang tua dan keluarganya, kepada teman sahabat sesama manusia dan sesama makhluk ciptaan Allah.

Selanjutnya, madrasah anak anak juga mengajarkan tentang tata cara ibadah dari mulai bab toharoh, berwudlu yang benar secara fiqih rukun shalat, kriteria zakat.

Ia berharap, peran dan eksistensi madrasah cukuplah penting untuk perkembangan generasi dan anak-anak di masa kini dan datang. Sehingga, dengan peran madrasah mampu menjadi pondasi aqidah yang kuat untuk para generasi muda. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here