Sejumlah massa melakukan aksi demo di kantor DPUTR Kota Cilegon,” Kamis (11/11/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon digeruduk massa ormas, Kamis (11/11/2021). Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Kota Cilegon datang mempertanyakan perbaikan saluran drainase di Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang dikerjakan DPUTR. Di mana pekerjaan perbaikan yang telah rampung itu dinilai buruk karena masih mengakibatkan banjir.

Pantauan Selatsunda.com di lapangan, aksi demonstrasi itu dilakukan pada pukul 10.40 WIB. Massa aksi langsung melakukan orasi dan saat itu dijaga ketat aparat dari Polres Cilegon dan petugas Satpol PP Kota Cilegon.

“Kami terima informasi jika sudah beberapa minggu pekerjaan perbaikan saluran di JLS sudah selesai oleh pihak kontraktor. Tapi kenapa kondisinya semakin parah. Ketika ada hujan beberapa hari ini, genangan air di JLS ada kembali dam saluran yang diperbaiki justru sudah rusak dan tidak berfungsi lagi? Ini ada apa,” ujar Ketua Umum Aliansi Masyarakat Kota Cilegon Ahmad Ruyat Al Faris dalam orasinya, Kamis (11/11/2021).

Baca juga  Cuaca Buruk di Pelabuhan Merak Akibatkan Kapal Feri Susah Bongkar Hingga Truk Penumpang Terbalik

“Kenapa pekerjaan yang dilakukan oleh PU bukannya makin baik ini justru semakin buruk,” seru Ahmad kembali.

Massa menilai jika kinerja yang dilakukan oleh DPUTR tidak transparan dan akuntabilitas karena perbaikan masih menyebabkan banjir. Mereka mendesak agar DPUTR secepatnya merencanakan pekerjaan di JLS di bagian 011 kiri.

“Kami mendesak PU untuk secepatnya merencanakan pekerjaan JLS dan menuntut pekerjaan yang dilakukan rasional,” terang dia.

Menurutnya, anggaran yang digunakan untuk memperbaiki jalan ini bukan menggunakan anggaran pribadi melainkan menggunakan APBD Kota Cilegon.

“Masyarakat Cilegon yang berada di JLS sangat terdampak akibat banjir tersebut,” ujarnya.

Ia juga mendesak kepastian tegas dari DPUTR menyelesaikan pekerjaan di JLS.
Bahkan ia meminta DPUTR bersama massa aksi mengecek kondisi saluran yang dikerjakan.

Baca juga  Lintasan Rel Area Pelabuhan Merak Diperbaiki, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin Kendaraan Malam Hari

“Ayo kita cek sama-sama ke JLS. Apakah omongan saya ini benar,” jelasnya.

Aksi demo masyarakat ini kemudian diterima oleh Sekretaris DPUTR Cilegon, Tb Dendi Rudiatna dan beberapa staf bagian pengairan pada DPU Cilegon. Dendi saat diminta konfirmasi belum bisa memberi keterangan kepada awak media. Pasca aksi, massa, DPUTR dan unsur kepolisan terpantau turun mengecek kondisi pekerjaan perbaikan saluran drainase di JLS. (Ully/Red)