CILEGON, SSC – Pemerintah Kota Cilegon dan Pemerintah Kabupaten Serang melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau MOU (Memorandum Of Understanding) terkait pengelolaan sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Selasa (1/8/2023). Teken MoU ini digelar di Aula Setda II Kota Cilegon, Selasa (1/8/2023).

Hadir dalam MoU ini, Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta, Sekda Cilegon, Maman Mauludin dan jajaran pejabat di Lingkup Pemkot Cilegon dan Kabupaten Serang.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian menyatakan bahwa kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua wilayah.

“Kerjasama ini diharapkan bisa memberi kebermanfaatan bagi Pemkab Serang dan Pemkot Cilegon, termasuk program pengelolaan sampah,” ujar Helldy dalam sambutannya.

Sejalan dengan itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kelanjutan kerjasama ini. Tatu menyampaikan komitmen untuk memastikan pelayanan publik yang berkualitas dan memperlihatkan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih.

Baca juga  Perdana, 50 Orang Warga Cilegon Dapat Kuliah Gratis di Universitas Terbuka Serang

“Setelah ini, saya juga berharap perangkat daerah yang terlibat dalam kerjasama penandatanganan ini dapat segera ditindaklanjuti sesuai tugas pokok dan fungsinya. Seperti dinas penanganan sampah, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Transportasi, dan dinas-dinas terkait,” ujar Tatu.

Lanjut Tatu, kerjasama ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh kedua daerah ini. Sebelumnya, Pemkot Cilegon dan Pemkab Serang telah berhasil melakukan berbagai proyek bersama yang telah membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta, menyatakan kegembiraannya atas kesinambungan kerjasama ini. Dia berharap langkah ini akan semakin mempererat hubungan antara kedua daerah dan mendorong sinergi dalam upaya menjaga lingkungan dan menciptakan daerah yang lebih bersih dan sehat.

Dengan semangat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Maman Mauludin, menyatakan keyakinannya bahwa kerjasama ini akan menciptakan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat.

Baca juga  Selama Lebaran, Volume Sampah di Cilegon Naik Hingga 15 Persen

“Dengan adanya komitmen bersama ini, warga Cilegon dan Serang dapat merasa bangga akan konsistensi pemerintah dalam memajukan kualitas lingkungan dan pelayanan publik. Semoga kerjasama ini menjadi contoh yang menginspirasi daerah-daerah lain untuk bersatu demi menciptakan Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan,” ucap Sekda.

Berikut rincian 20 item kerjasama antara Pemerintah Kota Cilegon dan Pemerintah Kabupaten Serang, yang terdiri dari Pendidikan, Kesehatan, Penanggulangan Bencana Daerah, Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, Lingkungan Hidup, Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perencanaan Pembangunan serta Penanaman Modal Daerah.

Lanjut, Urusan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri, Sosial, Kebudayaan, Pertanian, Pariwisata, Industri Perdagangan, Penunjang Penyelenggaraan Pemerintahan serta Urusan lain yang disepakati oleh para pihak. (ADV)