Suasana tampak depan bangunan RSUD Panggung Rawi,” Minggu (20/10/2019). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pembangunan Gedung RSUD Panggung Rawi lima lantai saat ini tengah berproses. Pembangunan gedung RSUD lima lantai yang berlokasi di Kelurahan Panggung Rawi itu diperkirakan akan dimulai pada Agustus ini.

Plt Direktur RSUD Panggung Rawi Kota Cilegon, dr endy Delyanto mengatakan, saat ini sejumlah tahapan pembangunan RSUD lima lantai sudah dilakukan. Diantaranya mulai dari pembuatan detail enginerieeng design (DED) hingga proses penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

“DED sudah ada, lagi proses finalisasi amdal dan persiapan lelang konstruksi,” ujarnya, Senin (24/7/2023).

Lendy mengungkapkan, jika tahapan tersebut telah selesai dilaksanakan maka nantinya pembangunan akan segera dimulai.

“Sedang menyusun KAK-nya dan persiapan lelang konstruksi, semoga di tahun ini bisa dimulai Agustus,” tuturnya.

Baca juga  HUT Kota Cilegon ke-25 Bakal Meriah, Akan ada Band Ibu Kota Jamrud di Hari Puncak

Ia menyatakan, pihaknya belum dapat merinci pasti berapa besaran anggaran yang akan digunakan. Namun dari rencana semula anggaran yang dialokasi sebesar Rp 69 miliar. Saat ini seluruh anggaran sedang dihitung.

“Semula 69 miliar, tetapi sepertinya karena ini mundur dari rencana semula, karena kemarin proses amdal gagal, sepertinya semua tidak bisa terserap. Tapi. Nanti kan tergantung dari rekomendasi dari DPUPR dan lain-lain. Angkanya belum ketahuan,” terangnya.

Ia menyatakan, pembangunan gedung RSUD lima lantai akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan dilakukan tahun ini dan selanjutnya pada 2024.

Ia menyebutkan, beberapa ruangan yang akan dibangun diantaranya ruang instalasi bedah sentral dan ruang rawat inap VIP hingga VVIP.

Baca juga  Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Mulai Rekrut PPK dan PPS

“Ada IGD, instalasi bedah sentral, beberapa kamar operasi, ICU, ICCU, ruang rawat inap dan ruang rawat inap VIP, dan VVIP,” pungkasnya. (Ronald/Red)