CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dibawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian tampak serius menangani angka stunting. Berbagai program terus gencar dilakukan, termasuk pembinaan terhadap para kelompok tani pohon kelor yang memiliki banyak manfaat.

“Pemkot Cilegon konsesn dengan penekanan angka stunting. Pemkot Cilegon ditargetkan oleh provinsi diangka 14, namun kami menargetkan 9. Kalau provinsi menargetkan 2 digit, tentu kamj ingin mendapatkan angka di satu digit saja,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian pada acara Gerakan Menanam Sejuta Kelor Serentak TP PKK Kabupaten/Kota Secara Bersama Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di wilayah Kelompok Wanita Tani Tayam di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Jumat 23 Juni 2023.

Dijelaskan Helldy, pohon kelor memiliki banyak manfaat, sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya menurunkan angka stunting. “Selama ini kita ketahui bahwa pohon kelor itu hanya daunnya saja dengan hal yang mistis, tapi ternyata manfaat dari pohon kelor banyak sekali, salah satunya anti oksidan. Pohon kelor juga mengandung vitamin dan mineral diantaranya vitamin B6, B2, C, A, zat besi dan magnesium,” jelasnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Dalam hal ini, Helldy menyampaikan apresiasi kepada Pj Gubernur Banten yang telah hadir pada acara tersebut. “Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Al Muktabar yang sudah menengok Kelompok Wanita Tani Tayam ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengaku bangga terhadap inisiasi TP PKK yang menjadi garda terdepan sampai lini rumah tangga. “Saya berterimakasih kepada TP PKK Provinsi Banten yang selalu mendukung kegiatan Provinsi Banten khususnya dalam penanganan stunting, dimana selalu menjadi garda depan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sampai tingkat rumah tangga,” ungkapnya.

Dijelaskan Al Muktabar, kegiatan tersebut menunjukkan keseriusan untuk mengurangi angka stanting sampai kepada menjalankan penanaman kelor. “Kegiatan penanaman 1000 pohon kelor ini adalah salah satu upaya penurunan angka stunting di Banten, ini bentuk keseriusan kita, bahkan sampai lini kelor pun kita jalankan,” jelasnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ditegaskan Al Muktabar, selain adanya penanaman 1000 pohon kelor akan ada Festival Anak Banten Sehat, Cerdas, dan Ceria. “Selain akan ada penanaman pohon kelor, ada juga Festival Anak Banten Sehat, Cerdas, dan Ceria. Dimana didalamnya akan ada edukasi dan pemeriksaan untuk ibu hamil dan anak stanting,” tegasnya.

Al Muktabar berharap, kegiatan tersebut dapat berkembang sampai lini bisnis. “Saya berharap kedepannya nanti akan berkembang sampai lini bisnis, dimana hasil dari pohon kelor dapat diolah dan dikemas dengan baik dan dapat dijadikan lahan lapangan pekerjaan baru, serta kedepannya tetap menjalani kolaborasi antar lini,” katanya.

Tampak hadir, Ketua TP PKK Banten Banten Tine Al Muktabar, Ketua TP PKK Kota Cilegon Heny Sevriati, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin dan Kepala Dinas Pertanian Banten Agus M Tauchid. (adv)