Pemulung mengais sampah di TPSA Cilowong, Kota Serang, belum lama ini. Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang keberatan dengan niat Pemerintah Kota Cilegon membuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Hal itu ditolak karena mempertimbangkan masalah kondisi TPSA Cilowong yang hingga saat ini juga memiliki persoalan pasca longsor.

Diketahui, penolakan tersebut merespon surat pengajuan dari Pemkot Cilegon yang memohon kepada Pemkot Serang untuk membantu penanganan masalah sampah di TPSA Bagendung pasca kebakaran.

“Terkait dengan masalah Pemkot Cilegon untuk membuang sampah di Kota Serang, kemungkinan besar kami tidak akan ACC (terima). Karena kondisi TPAS yang ada di kami membutuhkan penanganan secara khusus. Sehingga kalau kami menerima sampah dari Cilegon itu tidak akan bisa menampung,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto, Selasa di konfirmasi (15/10/2019).

Ipiyanto menerangkan, keberatan itu bukan tanpa dasar namun dengan pertimbangan teknis. Jika pemkot Cilegon bermaksud membuang dan memindahkan sampah ke TPSA Cilowong, kata dia, rencana tersebut bukan menyelesaikan masalah tapi malah nenimbulkan masalah baru untuk Pemkot Serang. Karena hingga kini, pasca longsor, masalah TPSA Cilowong juga sedang ditangani.

“Kalau seperti itu, saya pribadi dan kedinasan, keberatan. Karena itu hanya menumpuk masalah baru. Itu artinya hanya memindahkan masalah satu (TPSA Bagendung) ke tempat yang ada (TPSA Cilowong),” paparnya.

Menurut dia, pemindahan sampah itu bukan suatu solusi karena ada hal lain yang juga dipertimbangkannya. Jika pemindahan itu dilakukan, masyarakat sekitar tidak bisa hidup nyaman dan malah makin menderita.

“Masyarakat di Kecamatan Taktakan, itu kan punya hidup sehat dan normal donk. Itu yang perlu kita perhatikan. Oleh karenanya saya berkeinginan sekali, Cilowong itu bukan menjadi area pembuangan saja, tapi bisa dirubah menjadi bermanfaat dan punya nilai ekonomis,” paparnya. (Ronald/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini