Ilustrasi (Foto Selatsunda.com)

SERANG, SSC – Pemerintah Kota Serang menetapkan Keadaan Darurat Bencana Virus Corona (Covid-19) di Kota Serang. Penetapan ini berdasarkan Keputusan Walikota Nomor 440/Kep.126-Huk/2020 tentang Penetapan Status Keadaan Darurat Bencana Corona Virus Disaese 2019 (COVID-19) di Wilayah Kota Serang.

Kepala Diskominfo Kota Serang, W Hari Pamungkas mengatakan, penetapan itu diputuskan berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Penetapan diputuskan berdasarkan hasil Kajian Dinas Kesehatan Kota Serang dan BPBD Kota Serang kaitan perkembangan terakhir Covid-19 dengan mempertimbangkan sejumlah indikator diantaranya jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan sarana prasarana, cakupan wilayah yang terkena bencana, dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan serta melihat data epidemologi.

“Adapun dengan pertimbangan, mengantisipasi peyebaran COVID-19 sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020 tentang perpanjangan status keadaan tertentu darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia,” ujar Hari lewat siaran pers yang diterima Selatsunda.com, Kamis (2/4/2020).

Ia menyatakan, penetapan tersebut menindaklanjuti hasil pengkajian secara cepat dan tepat untuk menentukan kebutuhan dan tindakan yang tepat dalam penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat berdasarkan data dan fakta yang akan dipergunakan untuk penentuan status keadaan darurat bencana COVID-19.

Hari yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Serang dikonfirmasi kembali menjelaskan Status Keadaan Darurat Bencana Covid-19 Kota Serang bisa akan berubah jika beberapa indikator yang telah disebutkan turut mengalami perubahan.

“Kemungkinan bisa saja terjadi berdasarkan kaji cepat oleh OPD terkait dalam tim gugus tugas, tergantung kondisi dan dampaknya serta data pola epidemisloginya,” tungkasnya. (MG-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here