Penjabat Sekda Kota Serang, Nanang Saefudin diwawancara saat di Kantor Diskominfo Serang, Senin (30/11/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang, Nanang Saefudin memproyeksikan, pendistribusian vaksin COVID-19 ke masyarakat Kota Serang ke depan tidak akan menemukan kendala yang besar.

Hal ini disampaikannya setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Serang salah satunya terkait fasilitas tempat penyimpanan vaksin yang akan disiapkan.

“Intinya saya ngobrol dengan pak Kadinkes (M Ikbal), (pendistribusian) ini kan harus terukur. Storage-nya, gudang vaksinnya itu. Kalau saya lihat di puskesmas sudah ada itu, semacam tempat pendingin untuk vaksinnya,” ujarnya ditemui di Diskominfo usai video conference dengan Kemendagri terkait sosialisasi pendistribusian vaksin, Senin (30/11/2020).

Nanang yang juga Kepala Bappeda menuturkan, salah satu yang penting terkait pendistribusian vaksin dari pemerintah pusat adalah mengenai fasilitas tempat penyimpanan. Menurutnya, jika hal itu telah terfasilitasi dengan baik maka pendistribusian akan berjalan lancar.

Baca juga  Moncer di Pileg 2019, PAN Siapkan Kader di Pilkada Cilegon 2024

“Kalau saya lihat tidak ada yang sulit. Daerah kita terangkau semua. Nggak ada yang sulit,” paparnya.

Sejauh ini dalam sosialisasi yang disampaikan Pemerintah Pusat, kata dia, pemerintah daerah termasuk Pemkot Serang diminta untuk sudah mulai melakukan berbagai persiapan. Tidak hanya teknis alur pendistribusian tetapi juga mempersiapkan pergeseran (refocusing) anggaran daerah manakala dibutuhkan.

“Daerah sudah ambil ancang-ancang ke arah sana. Tadi arahan dari Kemendagri jelas. Ini bukan penanganan oleh pusat saja, tetapi ada peran daerah juga. Jadi jika memang pusat kondisi fiskal tidak memungkinkan, kemudian ada instruksi Mendagri, daerah sudah siap-siap me-refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19,” ucapnya.

“Kalau saya baca dari kolom anggaran, insya Allah aman lah. Kita punya BTT. Kalaupun tidak cukup, kita refocusing kembali,” pungkasnya. (Ronald/Red)