4 pabrik industri di Kota Cilegon menyalurkan bantuan APD kepada tenaga medis RSU Banten melalui Dinkes Banten, Selasa (21/4/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Aksi kepedulian sosial dari pabrik-pabrik industri di Kota Cilegon membantu tenaga medis menangani penularan Covid-19 terus mengalir. Sebanyak 4 industri di kota baja turun menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada garda terdepan di Banten.

Pada Selasa (21/4/2020), Keempat pabrik yakni PT Asahimas Chemical, PT Mitsubishi Chemical Indonesia, PT MC PET Film Indonesia dan PT Nipon Shokubai Indonesia menyalurkan 100 APD Lengkap ke RSU Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Bantuan diserahkan langsung oleh perwakilan industri yakni Manager General Affair PT Asahimas Chemical Anyer, Asya Esmirahan Putra dan diterima oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Banten, Devina dan dihadiri Kepala Bidang Hubungan Industrial pada Disnaker Banten, Karna Wijaya.

Usai penyerahan, Manager General Affair PT Asahimas Chemical Anyer, Asya Esmirhan Putra mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan konsorsium dari 4 industri di Cilegon. Pemberian bantuan APD merupakan tanggung jawab sosial industri bersinergi dengan pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk bantuan APD lengkap yang diberikan berupa Hazmat Suit, goggle, face shield, hand gloves, rubber boats, respiratory mask, dan shoe cover.

“Kita bersinergi untuk mengumpulkan, berempati membantu upaya pemerintah daerah dalam rangka menekan atau memutus mata rantai covid ini,” ungkapnya.

Ia menyatakan, bantuan APD tersebut khusus diberikan untuk paramedis yang bekerja di RSU Banten. Karena para medis sebagai garda terdepan harus terlindungi agar tidak terpapar Virus Corona.

“Tenaga medis yang kami tahu saat ini memang sedang perlu, butuh bukan saja moril tetapi support dalam bentuk actual, alat-alat pelindung diri ini,” tandasnya.

Pihaknya berharap, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat kepada paramedis untuk bersama-sama memerangi Covid-19.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi petugas dan menambah fighting spirit dari rekan-rekan garda terdepan, dalam rangka memutus dan menekan penyebaran covid ini,”  harapnya.

Senada dengan Asya, Public Relations MCCI,
M. Reza Maulana mengatakan, prioritas penyaluran bantuan adalah tenaga medis di RSUD Provinsi Banten, karena saat ini rumah sakit tersebut menjadi pusat rujukan pasien COVID-19 dari seluruh kabupaten dan Kota di Banten.

Sayid Jakfar, General Manager HR & ADM NSI berharap baik pihak industri maupun
seluruh lini masyarakat dapat saling bahu-membahu dalam menghadapi virus ini.

“Kami tentunya berharap agar pandemi ini segera berlalu dan masyarakat dapat membantu misalnya dengan mematuhi himbauan pemerintah untuk tetap di rumah guna memutus rantai penyebaran Virus Corona ini. Semoga kita semua selalu diberi kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi kondisi ini” urainya.

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Banten, Devina menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan 4 industri di Cilegon karena saat ini APD tergolong langka untuk tenaga medis.

“Terima kasih, ini sangat penting sekali untuk rumah sakit. Memang barang ini langka. Mudah-mudahan induatei mendapat pahala dan imbalan dari Tuhan, dan kita terbebas dari corona ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui sebelumnya keempat perusahaan tersebut juga sudah turun secara pribadi menyalurkan bantuan kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19. PT Nippon Shokubai Indonesia (NSI) misalnya telah ikut membantu masyarakat dengan menyediakan Rubber boot, Rubber glove, Chemical suit, Dust mask N95 untuk kegiatan pelaksanaan desinfektan oleh masyarakat di Kota Cilegon.

Kemudian PT Asahimas Chemical (ASC) terhitung hingga minggu kedua di bulan April
telah menyalurkan salah satu hasil produksinya yaitu NaClO/Sodium hypochloride yang dapat dimanfaatkan sebagai cairan disinfektan sebanyak 13000 liter ke instansi pemerintah, TNI/POLRI, PMI, dan lembaga kesehatan masyarakat lainnya.

Demikian pula PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) dan PT MC Pet Film Indonesia (MFI) yang telah menyalurkan 1.000 masker N95 kepada Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. MCCI juga menyalurkan 200 hazmat suit kepada Dinkes Kota Cilegon, 4.800 helai masker kain untuk masyarakat di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon. Selain itu, karyawan MCCI juga turut berpartisipasi menyalurkan multivitamin untuk tim medis di Kota Cilegon dan RSUD Banten. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here