Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon tengah dalam proses perbaikan betonisasi, Senin (18/9/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Infrastruktur Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon saat ini tengah dalam proses perbaikan. Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Banten Kementerian PUPR menyebutkan, proyek perbaikan infrastruktur JLS ditargetkan rampung pada Desember 2023.

Koordinator Pengawas Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) 1 Banten Kementerian PUPR, Heri Sutana menyatakan, pekerjaan perbaikan infrastruktur JLS meliputi tiga pekerjaan. Pekerjaan pertama Sekmen 1 untuk perbaikan JLS dari STA 0 sampai STA 1.500. Pekerjaan itu meliputi betonisasi, trotoar dan perbaikan saluran drainase.

Kemudian proyek pekerjaan Sekmen 2, kata Heri, juga meliputi tiga pekerjaan yang sama dengan segmen 1. Sementara proyek pekerjaan ketiga yakni pekerjaan perbaikan 7 jembatan.

“Untuk Sekmen perbaikan jembatan, yang kita perbaiki 7 unit jembatan,” ujar Heri.

Baca juga  Kisah Pelajar Cilegon, Bayu Bakhtiar Sukses Raup Omset Puluhan Juta, Ini Bisnisnya

Heri menyatakan, perbaikan tiga pekerjaan fisik infrastruktur JLS menunjukan progress yang baik. Diantaranya untuk progress pekerjaan fisik Sekmen 1 saat ini mencapai 37 persen. Sementara pekerjaan fisik Sekmen 2 mencapai 24 persen.

“Untuk Sekmen 1 seperti betonisasi, sudah dua lajur jalan dibeton tinggal 1 lajur lagi. Kalau badan jalan selesai di betonisasi, rencana kami baru akan ke pekerjaan sarana pendukung pedisterian dan drainase,” ungkapnya.

Pihaknya menargetkan ketiga pekerjaan perbaikan infrastruktur JLS dapat rampung pada Desember 2023. Sehingga masyarakat dapat melintasi JLS dengan lancar.

“Target penyelesaiannya di Desember. Harapan kami rampung, kita optimis. Mudah-mudah bisa selesai cepat, agar masyarakat dapat menggunakannya,” harapnya.

Sementara, Staf Pelaksana Proyek JLS Cilegon dari PT Lintas Equator Rahmatullah Ramidin mengatakan, perbaikan JLS Cilegon menggunakan anggaran pemerintah pusat melalui dana Instruksi Presiden (Inpres) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga  Pansus Raperda RPJPD Bedah Total Pembangunan Kota Cilegon di 2025-2045

“Dengan adanya perbaikan ini, mudah-mudahan Jalan Lingkar cepat selesai. Kemungkinan November atau paling lambat Desember sudah selesai,” kata Rahmatullah.

Pria disapa Robet ini mengungkapkan, pihaknya mengerjakan perbaikan JLS di 2 tempat. Pertama dari kilometer 0 hingga kilometer 1. Kedua, dari sekitar kilometer 3 sampai kilometer 4. Proyek jembatan juga berbeda perusahaan yang melaksanakannya.

“Pokoknya pekerjaan kita yang pertama dari Lampu Merah Simpang PCI (Pondok Cilegon Indah) sampai Bebek Purnama. Kedua, dari Simpang Kerotek sampai dekat Cilegon Park situ. Adapun jembatan sama titik lain, itu bukan di kita (PT Lintas Equator),” tuturnya. (Ronald/Red)