CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terus berkomitmen untuk memberikan perhatian secara serius dan kepeduliannya terhadap para buruh. Atas dasar itu, pada momentum Hari Buruh Sedunia, Pemkot Cilegon memperingatinya secara bersama-sama dengan berbagai Forum Buruh di Ruas Jalan Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Rabu (1/5/2024).

Tampak hadir secara langsung Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Miraj, Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro, dan Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf. Aryo Priyoutomo.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menegaskan bahwa Pemkot Cilegon terus peduli terhadap para buruh.

“Hari ini, kita berkumpul bersama untuk memperingati Hari Buruh. Ini bukan hanya sekedar momen libur, tetapi juga saat untuk menghargai kontribusi yang luar biasa dari para pekerja di Kota Cilegon. Kami, Pemerintahan Kota Cilegon terus akan menunjukkan kepedulian terhadap buruh. Dimana, pada tahun ini (2024-red) kami telah memberikan nelayan di Kota Cilegon mendapatkan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaaan,” kata Helldy.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Helldy menuturkan, perhatian dan kepedulian Pemkot Cilegon juga dapat terlihat melalui program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Membangun SDM yang mampu bersaing melalui beasiswa full sarjana. Dimana, program ini dapat dimanfaatkan oleh anak-anak dari para buruh di Kota Cilegon, dengan harapan kedepannya dapat menciptakan SDM di Kota Cilegon yang mampu bersaing,” tuturnya.

Kemudian selain itu, terang Helldy, Pemkot Cilegon juga turut mengawal persoalan yang melibatkan banyak buruh pada perusahaan BBT. “Kami telah meminta kepada Kepala Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) untuk terus mengawal permasalahan pekerja pada perusahaan BBT agar dapat solusi yang tepat dari keduabelah pihak,” tambahnya.

Dalam hal ini, Helldy mengajak agar buruh dan Pemkot Cilegon terus berkolaborasi dalam membangun Kota Cilegon. “Kami mengajak semua buruh untuk dapat berkolabirasi dalam membangun Kota Cilegon,” ajaknya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Eko Susanto menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Cilegon atas fasilitas yang diberikan. “Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kota Cilegon telah memberikan fasilitas untuk kami para buruh, sehingga dapat memperingati hari buruh ditempat yang luarbiasa ini. Seluruh fasilitas untuk hari ini merupakan dukungan yang diberikan oleh Pemerintahan Kota Cilegon,“ ungkapnya.

Dijelaskan Eko, jumlah buruh yang mengikuti acara tersebut mencapai 1.000 orang. “Kami telah kedatangan kurang lebih 1.000 buruh yang mengikuti kegiatan ini. Jumlah ini segaja kami batasi untuk keberlangsungan produksi pada masing-masing perusahaan,” jelasya. (*)