General Manajer  PT Pelabuhan Indonesia Regional 2 Banten, Yohanes Wibowo Situmeang. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Dalam menghadapi Mudik Lebaran 2024, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten atau Pelindo Banten telah menyiapkan dermaga khusus untuk mengangkut pemudik sepedanya motor dan truk.

General Manajer  PT Pelabuhan Indonesia Regional 2 Banten, Yohanes Wibowo Situmeang mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk melayani pemudik di Pelabuhan Ciwandan. Salah satunya menyediakan dua dermaga untuk mengangkut pemudik.

“Kalau dermaga kita siapkan, siap untuk sandar dua kapal disana. Kita ada di Dermaga 5A dan Dermaga 3. Itu bisa sampai dua kapal disitu. Toh kapal sebagaimana tambahan dari ASDP ada 10 kapal disitu kan di Ciwandan,” ungkapnya saat ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (15/3/2024).

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

GM Yohanes menuturkan, sebagaimana yang tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) bersama stakeholder terkait pengaturan jalan hingga pelabuhan, saat arus mudik dan balik Idul Fitri 2024, Pelabuhan Ciwandan dikhususkan pemudik motor dan truk. Khusus untuk kendaraan truk yang dibolehkan menyeberang yakni truk golongan VI dan VII.

“Sebagaimana arahan dalam SKB (Surat Keputusan Bersama), bahwa yang mengarah ke Ciwandan itu, kendaraan roda dua dan truk golongan VI dan golongan VII. Maksimal di golongan VII, kenapa, karena untuk manuver di Ciwandan itu agak susah. Sehingga untuk golongan VIII dan IX dialihkan semuanya ke BBJ (Bandar Bakau Jaya),” tuturnya.

Selain dermaga, kata Yohanes, pihaknya juga telah merencanakan pendirian fasilitas tenda. Kata dia, pihaknya mendirikan tenda akan berkoordinasi dengan PT ASDP. Di mana kemungkinan besar jumlah tenda akan ditambahkan berkaca dari Angkutan Mudik Lebaran tahun lalu.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Berkaca dari tahun lalu memang kita kemungkinan besar kita akan koordinasi dengan ASDP, penambahan tenda sebagaimana disampaikan Pak Dirjen Darat (Hendro Sugiatno), bagaimana kita bisa mengakomodir pemudik motor, saudara saudara kita agar tidak kepanasan saat panas dan kehujanan saat hujan,” pungkasnya. (Ronald/Red)