Kodim 0623 Cilegon membuat kapal feroocement saat di Kampung Pagedongan Desa Suka Jadi Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Senin (2/11/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Sebanyak 4 personel Kodim 0623 Cilegon dilatih untuk membuat kapal feroocement dengan panjang 9 meter persegi. Pembuatan kapal digelar di Pantai Carita Kampung Pagedongan Desa Suka Jadi Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Babinsa Koramil 2307 Ciwandan Sertu Junaidi mengatakan, pembuatan kapal ini untuk memperkenalkan kepada nelayan terkait bagaimana membuat kapal berbahan terjangkau. Pembuatan ini melibatkan personel Kodim Cilegon yakni Dandru Sertu Junaidi, Wadandru, Eman, Koptu Hatam Koswara dan Koptu Asep Suhendar.

“Personel yang kami kerahkan hanya 4 anggota. Adapun tujuan pembuatan kapal ini memperkenalkan kepada pada nelayan untuk dapat beralih menggunakan kapal dengan bahan yang relatif lebih mudah dicari dan hemat jika dibandingkan dengan kapal yang terbuat dari kayu,” kata Serti Junaidi dikonfirmasi, Senin (2/11/2020).

Selain itu, kapal yang bertarif cukup terjangkau ini, lanjut Sertu Junaidi, kapal tersebut dinilai dapat menjadi salah satu solusi untuk nelayan maupun masyarakat untuk membantu dalam beraktivitas di laut.

“Selain memudahkan masyarakat dan nelayan, tentunya dengan keberadaan kapal ini dapat memudahkan para anggota Babinsa untuk melakukan pengecekan ke pesisir pantai,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Sertu Junaidi pembuatan kapal sepanjang 9 meter ini diawasi langsung oleh tenaga ahli profesional.

“Saya berharap dengan pembuatan kapal ini kelompok nelayan dapat membuat kapal dengan biaya murah berkualitas dan tahan lama,” harapnya. (Ully/Red)