Suasana tampak depan bangunan RSUD Panggung Rawi,” Minggu (20/10/2019). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panggung Rawi Cilegon pada Rabu (23/10/2019) mendatang, berencana akan melaksanakan simulasi penilaian akreditasi yang akan dilakukan oleh Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Simulasi ini sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan di RSUD.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Panggung Rawi, Hana Johan S mengakatan, penilaian akreditasi sudah pernah dilakukan pada 2012 lalu dengan hasil akreditasi paripuna. Atas keberhasilan itu, pihaknya tetap berkomitmen untuk mempertahankan akreditasi paripurna.

“Tahun ini tidak jauh berbeda dengan 2012 silam. Tahun ini, kami menargetkan bisa mempertahankan akreditasi paripurna,” kata Hana melalui siaran rilis yang diterima Selatsunda.com, Minggu (201/10/2019).

Ia menjelaskan, untuk memperhatikan akreditasi paripuna, pihaknya terus melakukan evaluasi dan diskusi bersama manajemen rumah sakit serta mencari jalan keluar apabila terjadi kendala saat akan dilakukan penilaian.

Sementara itu Kabag umum RSUD Kota Cilegon Faruk Oktavian mengatakan, aturan akreditasi sudah jelas. Dengan adanya penilaian bentuk pemenuhan standar pelayanan kesehatan di tiap daerah, termasuk di Kota Cilegon .

“Pemerintah terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana serta pelayanan ke masyarakat. Kita (RSUD) wajib memenuhi standar yang telah ditentukan oleh pusat. Salah satunya akreditasi tersebut,” ujar Faruk.

Masih kata Faruk, rumah sakit terus berbenah dalam peningkatan pelayanan dan mutunya. Salah satunya dengan akan merehab pembangunan fisik dan pengadaan alat kesehatan.

“Kami menerima laporan dari layanan 112 dari pasien jika AC dan kamar mandi mengalami kerusakan. Atas keluhan tersebut, kami pun langsung mengambil sikap untuk merespon keluhan para pasien tersebut,” tungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here