Walikota Cilegon Petahana, Helldy Agustian (kanan) bersama Bakal Calon Walikota Cilegon dari PAN, Alawi Mahmud usai kegiatan Partai Gerindra di Kota Tangsel, Belum lama ini. Foto IST

CILEGON, SSC – Walikota Cilegon Petahana, Helldy Agustian belakangan nampak makin lengket dengan Bakal Calon Walikota dari PAN, Alawi Mahmud. Informasi yang dihimpun, lengketnya Helldy dengan Alawi saat keduanya hadir pada kegiatan pertemuan bakal calon Kepala Daerah se-Provinsi Banten yang digelar Partai Gerindra di salah satu hotel di Kota Tangerang Selatan, Minggu (30/6/2024).

Saat dikonfirmasi, Walikota Cilegon Petahana yang juga Bakal Calon Walikota Cilegon dari Partai Gerindra, Helldy Agustian mengatakan, pertemuan tersebut merupakan pertemuan Partai Gerindra dengan sejumlah partai  membentuk Koalisi Banten Maju untuk mendukung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah, sebagai Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Pertemuan itu juga kata Helldy merupalan pertemuan bakal calon kepala daerah kota/kabupaten se-Banten yang didukung Gerindra.

“Itu (Pertemuan Bakal Calon Kepala Daerah) kabupaten kota yang didukung Gerindra, Koalisi Banten Maju yang di Tangerang,” ungkap Helldy ditemui di Kantor Walikota Cilegon, Senin (1/7/2024).

Helldy menjelaskan, dalam pertemuan tersebut terdapat petinggi-petinggi partai lain yang turut hadir. Helldy mengutarakan, Gerindra mengundang sejumlah partai dengan harapan Pilkada Banten dapat linier dengan pilkada kota/kabupaten.

“Jadi antar partai yang ada kemarin semua itu, mana yang terbaiklah. Yang supaya irisannya nanti bisa bersamaan. Kalau kami dengar informasinya sepeti itu,” ucap Helldy.

“Jadi kita harapkan dengan kerja sama dengan seluruh partai, alhamdulillah ini luar biasa bisa menyatukan semua yang hadir itu,” sambungnya.

Baca juga  Isro Miraj Buka Suara Pindah Partai untuk Maju di Pilkada Cilegon 2024

Saat ditanya akankah Gerindra berkoalisi dengan PAN untuk menyandingkan Helldy dan Alawi berpasangan, Helldy menjawab, mudah-mudahan.

“Insya Allah,” ucap Helldy seraya meninggalkan wartawan.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Bakal Calon Walikota Cilegon Alawi Mahmud, Rahmatullah mengatakan, kehadiran Ketua DPD PAN Cilegon Alawi Mahmud pada acara Gerindra di Kota Tangsel merupakan sinyal kuat koalisi PAN dengan Gerindra di Pilkada Cilegon.

“Kalau melihat gambarnya sih saya kira ini sinyal positif Pak Wali (Helldy Agustian) bakal menggandeng Pak Alawi, tapi kan saya tidak mau mendahului beliau-beliau yang berkompeten. Tapi semoga saja sinyal ini benar karena kemarin seluruh bakal calon yang ikut kontes dalam Pilkada se Banten dikumpulkan di Tangerang dengan dihadiri para petinggi partai dan para calon,” papar Rahmatullah.

Sebagai Jubir dan Wakil Ketua Pemenangan DPD PAN Cilegon, Ia menilai, koalisi PAN dan Gerindra merupakan kemenangan yang sudah di depan mata untuk dua periode.

“Apalagi jika ada tiga pasang calon yang maju dalam Pilkada di Cilegon,” ungkapnya.

“Gerindra dengan 7 kursi dan PAN dengan 6 kursi di DPRD akan all out semua sesuai perolehan suara masing-masing caleg dan para konstituen serta masyarakat yang sudah menyatakan diri sebagai timses atau relawan siap tempur,” ucapnya.

Baca juga  Pengurus DPW ISAA Banten 2024-2028 Dilantik, Ini yang Disampaikan Ketum DPP Aris

Sementara, Bakal Calon Walikota Cilegon dari PAN, Alawi Mahmud menyatakan, pertemuan yang  diselenggarakan Gerindra di Tangsel yang  dihadirinya turut merupakan undangan kepada mitra pasangan dan mitra koalisi.

“Jadi momentnya itu dalam rangka penetapan pasangan cagub dan cawagub Banten (Andra Soni dan Dimyati Natahkusumah). Kemudian ditingkat kabupaten/kota salah satunya Pak Helldy dan saya (Alawi Mahmud),” kata Alawi dikonfirmasi.

Soal kesiapannya mendampingi Helldy Agustian sebagai Bakal Calon Wakil Walikota Cilegon, Alawi mengaku siap untuk mendampingi Helldy Agutian pada Pilkada Cilegon.

“Siap mendampingi Pak Helldy (Bakal Calon Wakil Walikota Cilegon,red). Karena perintah Pak Ketum (Zulkifli Hasan) dan saya harus tunduk dengan keputusan konstitusi dan saya saya harus terima,” jelas Alawi.

Perintah untuk mendampingi petahana ini, Alawi mengaku, jika beberapa kali dirinya telah dipanggil oleh Ketum PAN, Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua PAN, Yandri Susanto pada 26 April lalu di Jakarta untuk membahas pertahana di Pilkada ini.

“Pak Ketum menyampaikan secara lisan jika Pak Alawi harus siap mendampingi pertahana. Saya juga dikawinkan secara sirih karena itu saya harus tunduk atas perintah partai. Pak Zul (Ketum PAN) nuga menugaskan pada saat datang ke Cilegon, bahwa PAN mendukung incumbent. Itulah realita politik yang harus saya terima,” imbuhnya. (Ronald/Ully/Red)