Presiden RI, Joko Widodo diwawancara saat berkunjung ke Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Selasa (12/9/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengunjungi Pasar Kranggot, Kota Cilegon untuk mengecek harga kebutuhan-kebutuhan pokok, Selasa (12/9/2023).

Orang nomor satu di Republik Indonesia ini tiba di Pasar Kranggot sekitar pukul 10.00 WIB. Saat tiba, Presiden Joko Widodo berkelling pasar sambil menyapa pedagang dan memberikan bantuan sembako kepada perwakilan pedagang.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya mengatakan, harga sejumlah kebutuhan pokok yang ada di Pasar Kranggot sangat baik. Diantaranya harga bawang dan harga cabai mengalami penurunan.

“Harga-harga sangat baik di sini (Pasar Kranggot). Bahkan untuk bawang merah tadi saya melihat harga yang biasanya diatas Rp 30 ribu pernah Rp 40 ribu, hari ini saya lihat harga bawang merah sudah diangka Rp 17 ribu. Yang kedua, harga cabai juga sama, turun. Karena apa, di produksi di Provinsi Banten sendiri,” kata Joko Widodo kepada awak media usai meninjau pasar.

Baca juga  Perdana, 50 Orang Warga Cilegon Dapat Kuliah Gratis di Universitas Terbuka Serang

Namun, kata Jokowi, yang memang masih terdapat sedikit masalah yakni harga beras. Meski demikian, secara masif Bulog dan Badan Pangan akan menggelar Operasi Pasar (OP) pada pekan ini.

“Jadi berbarengan membagi bantuan sosial pangan sebanyak 10 kilo per keluarga penerima manfaat untuk 21,3 juta keluarga.  Yang kedua Bulog juga melakukan Operasi Pasar ke ritel-ritel ke Cipinang. Semuanya akan diguyur secara masif. Kita harapkan dengan itu, harga beras akan mulai turun,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar menjelaskan, jika kehadiran Pak Presiden RI ke Pasar Kranggot untuk mengecek dan meninjau harga sembako yang ada di Kota Cilegon.

“Alhamdullilah pas Pak Presiden mengecek harga, senua harga bawang merah turun dan situasi ha masih baik. Makannya ada kebijakan pemerintah untuk menggelontorkan beras,” pungkasnya. (Ully/Red)