Ketua PAN Kota Cilegon, Alawi Mahmud datang mengunjungi rumah warga yang tidak layak huni di di Lingkungan Gudang, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Kamis (23/11/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Rumah Sri Hartini yang berada di Lingkungan Gudang, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon yang kondisinya memprihatinkan mendapat perhatian sejumlah pihak. Setelah sebelumnya dikunjungi oleh Caleg PAN Cilegon, Rahmatulloh, kali ini rumah dari ibu empat anak itu didatangi Ketua DPD Partai Amanah Nasional (PAN) Kota Cilegon, Alawi Mahmud.

Diketahui, rumah Sri Hartini jauh dari kata layak. Terutama kondisi ruang dapur dan kamar mandi dalam keadaan memprihatinkan atau nyaris roboh.

Saat ini dengan uluran tangan dari Ketua PAN Cilegon Alawi Mahmud dan Caleg PAN Cilegon, Rahmatulloh, rumah tersebut sudah mulai diperbaiki. Tampak di lokasi sejumlah warga  gotong royong memperbaiki dapur dan kamar mandi rumah Sri Hartini.

Ketua PAN Cilegon Alawi Mahmud mengatakan, dirinya sangat prihatin dengan kondisi rumah Sri Hartini. Ia mengaku terpanggil untuk datang ke lokasi semata-mata panggilan nurani.

Dengan melihat kondisi rumah Sri Hartini, Alawi menilai, kesejahteraan masyarakat di Kota Cilegon belum merata. Padahal Cilegon merupakan kota industri.

Baca juga  Besok, Sebanyak 110 Tenaga Honorer Cilegon Dilantik Jadi Tenaga PPPK

“Yang pertama saya ungkapan keprihatinan, terhadap keberadaan ini di Cilegon masih banyak warga yang belum sejahtera, yang notabene berada ditengah multi industrialisasi Cilegon,” ujarnya.

Ia menyatakan, secara menyeluruh bangunan rumah warga tersebut jauh dibawah kelayakan. Karena dilihat dari genteng dan kontruksi bangunan hampir pasti kayunya sudah keropos.

Tentu, kata Alawi, kondisi seperti yang dialami Sri Hartini perlu menjadi perhatian semua pihak. Bukan hanya dirinya saja tetapi perlu diperhatikan oleh Pemerintah Kota Cilegon.

“Tentunya ini menjadi perhatian kita bersama, bukan hanya saya termasuk khususnya pemerintah daerah harus fokus terhadap tingkat kesejahteraan masyarakatnya,” paparnya.

Ia berharap, perhatian yang diberikan dirinya bersama Rahmatulloh dan kader PAN lainnya dapat membantu meringankan beban Sri Hartini.

“Mudah-mudahan partisipasi teman-teman dari saya, pak haji Rahmat, bisa membantu meringankan beban mereka. Dan Saya pastikan kunjungan saya kesini bukan yang terakhir. Saya akan fokus pantau terus perkembangan itu,” ungkapnya.

Baca juga  PDAM Kota Cilegon Targetkan Tekan Kebocoran  Hingga Dibawah 20 Persen di 2024

Sementara Caleg PAN Cilegon, Rahmatulloh mengatakan, dirinya memberi bantuan bersama Ketua PAN Cilegon Alawi Mahmud semata-mata bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Kita sebagai masyarakat dan sebagai orang berpolitik tentunya nggak cuman butuh suara atau dukungan terapi kepedulian kita dahulu kita kedepankan,” terangnya.

Mantan anggota DPRD tiga periode ini mengungkapkan, sejatinya kondisi seperti yang dialami Sri Hartini menjadi perhatian pemerintah dan lembaga bantuan lainnya. Namun jika mendapat informasi, anggaran untuk rumah tidak layak huni dialihkan ke penanganan stunting. Melihat itu, ia dan rekan lainnya langsung turun dan peduli untuk memberikan bantuan demi meringankan beban warga yang tidak mampu.

“Saya dengan Ketua dan teman-teman harus turun langsung melihat kondisi kondisi ini. Kami ini orang-orang peduli. Bahkan kita mengimbau kepada parpol atau caleg, mari kita bantu bersama sehingga ringan. Ini semata mata pure kemanusiaan,” harapnya. (Ronald/Red)