:
rumah warga di Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang dihantam angin puting beliung, Kamis (1/10/2020).

PANDEGLANG, SSC – Puluhan rumah warga di Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang dihantam angin puting beliung, Kamis (1/10/2020).

Musibah ini mengakibatkan 93 rumah warga rusak. Sembilan diantaranya mengalami rusak berat dan sisanya rusak sedang dan ringan.

Salah satu staf Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Pandeglang, Wandi mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Puting beliung merusak rumah warga hanya sekitar setengah jam.

“Untuk kerugian masih dihitung. Kerusakan sementara, rumah yang terdampak 73 rusak ringan, 11 rusak sedang dan 9 rusak berat. Untuk korban, sementara belum ada laporan masuk,” ungkapnya.

Dari pendataan sementara tim reaksi cepat, kata dia, rumah yang rusak bervariatif. Di mana ada yang terdampak langsung dan ada juga yang tertimpa pohon tumbang.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

“Ada yang rumahnya terdampak langsung puting beliung dan ada yang tertimpa pohon tumbang. Untuk bangunan relatif. Ada yang permanen dan kayu baru sementara,” ucapnya.

Tim reaksi cepat, kata dia, saat ini tengah melakukan pendataan di lokasi. Warga yang terdampak dievakuasi sementara ke Kantor Desa Pasirloa.

“Evakuasi warga dikonsentrasikan ke kantor desa. Untuk saat ini belum ada bantuan,” paparnya. (Ronald/Red)