32 Siswa SDN Kependilan, Kelurahan Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon mengalami keracunan usai makanan," Kamis (12/10/2023) Foto istimewa

CILEGON, SSC – Sebanyak 30 siswa SDN Kependilan, Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, mengalami pusing dan mual setelah menyantap kue dari orang yang tidak dikenal 

Kepala UPTD Puskesmas Jombang Dr Yanti Azis membernarkan adanga puluhan siswa yang mengalami keracunan makanan tersebut. 

“Saya menerima kabar dari pihak kelurahan jika ada siswa yang keracunan. Langsung kami (Tim Puskesmas Jombang) langsung ke sekolah untuk memastikan kondisi para siswa tersebut. Setiba di sekolah, memang benar ada 30 siswa yang kondisinya mual dan muntah bahkan ada 1 siswa yang pingsan. Berdasarkan laporan dari pihak guru, jika para siswa ini, usai diberi makanan oleh orang yang tak dikenal,” kata Yanti kepada awak media,” Kamis (12/10/2023).

Yanti menambahkan, Tim Puskesmas Jombang dibantu dengan Dinas Kesehatan langsung menangani para siswa yang mengalami keracunan massal tersebut.Sedangkan, siswa yang pingsan langsung diobservasi.

“Dari Dinas Kesehatan Cilegon langsung mengambil hasil sisa makanan untuk dilakukan uji lab di Laboratorium Kesehatan Banten,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SDN Kependilan Tuti Hendrawati mengatakan, 30 siswa yang mengalami keracunan makanan ini usai menerima makanan kue yang dibagikan OTK di luar area sekolah diduga sudah kadaluarsa.

“Mungkin niatnya baik cuma mungkin sudah kadaluarsa mungkin, emang dilihat dari teksturnya juga sudah lembek,” ujarnya.

Saat itu juga, lanjut Tuti, tim dari puskesmas setempat langsung memberikan pertolongan. Saat ini, anak-anak sudah di pulangkan usai mendapatkan pertolongan. Selain muntah-muntah, para siswa yang keracunan juga merasakan gejala lain seperti sakit perut. “Sudah mendapatkan perawatan dari puskesmas, di pulangkan,”  pungkasnya. (Ully/red)