CILEGON, SSC – Ribuan pemudik dari Pulau Sumatera ke Jawa yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Cilegon,  terus mengalir. Diprediksi, Puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada Rabu Malam (20/6/2018) ini.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, Penumpang  yang telah diseberangkan dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak mencapai 46 persen terhitung dari hari Lebaran kedua (HH) hingga hari keempat (H+4) setelah Lebaran. Begitu juga kendaraan roda dua telah diseberangkan sebanyak 51 persen dan kendaraan roda empat 49 persen.

“Kami (ASDP,red) prediksi pemudik akan terus berdatangan pada malam ini,” kata Fahmi Alweni kepada sejumlah wartawan di ASDP,” Rabu (20/6/2018).

Arus balik pemudik pada puncak malam ini, kata Fahmi, diprediksi akan mengalami peningkatan yang signifikan. Diperkirakan, jumlah pemudik yang diseberangkan akan mencapai 70 persen.

“Ini akan berlanjut terus malam ini. Pada akhir rekapitulasi Kamis (21/6/2018) pagi nanti, saya yakin jumlah penumpang yang menyeberang baik pejalan kaki maupun berbagai jenis kendaraan, mencapai lebih dari 70 persen,” ujarnya.

Sekalipun memprediksi akan terjadi puncak kedua arus balik pada hari Sabtu (23/6/2018) dan Minggu (24/6/2018) di akhir pekan nanti, jumlah pemudik tidak naik signifikan seperti yang diprediksi pada malam ini.

“Peningkatan arus balik dimungkinkan terjadi kembali akhir pekan nanti. Tapi tentunya tidak akan sepadat malam ini. Karena malam ini puncak arus balik terjadi di Pelabuhan Merak,” tutupnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here