CILEGON, SSC – Puncak arus balik Lebaran di Lintasan penyeberangan Pelabuhan Bakauheni – Merak diprediksi akan terbagi dua momentum. Momentum puncak diprediksi terjadi pada dua hari yakni pada hari ketiga (H+3) dan hari keenam (H+6) setelah Lebaran.

“Jadi ada prediksi kami, puncak arus balik terbagi dua momentum. Pertama, saat PNS (Pegawai Negeri Sipil) balik tanggal 19 Juni (H+2) dan 20 Juni (H+3). Ada lagi yang pekerja swasta masuk hari Senin (25/6/2018), dia bisa pulang hari Jumat, tanggal 22 juni (H+5) dan Sabtu, 23 Juni (H+6),” ungkap Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VIII Provinsi Banten, Johnny Siagian ditemui di Pelabuhan Merak, Cilegon, Senin (18/6/2018).

Terbaginya dua momentum arus balik Lebaran itu, kata Johnny, karena waktu libur pekerja baik PNS maupun pekerja swasta berbeda.

“Jadi bisa terbagi, karena ada dua momentum. Setelah Cuti, PNS sudah mulai masuk tanggal 21 juni. Terus kemudian kebanyakan pekerja swasta masuk di hari senin mendatang, ” paparnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan puncak arus balik, kata Johnny, pihaknya mengoptimalkan 36 kapal untuk beroperasi di lintasan Pelabuhan Bakauheni – Merak. Sementara untuk penumpang pejalan kaki, baik bus reguler maupun bus cadangan juga telah disiapkan.

“Kami masih menggunakan kapal yang 36 kapal. Dan di bakauheni tidak ada yang bongkar engker. Kalaupun bongkar engker itu nanti di Merak. Untuk pejalan kaki, kami siapkan bis 371 unit dan cadangan 116 unit dan memposisikan 24 jalur di TTM terisi, ” pungkasnya (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here