Anto, pemudik asat Riau menunjukan foto ayahnya di Pelabuhan Merak. Ayahnya bernama Rusman hilang di KMP Wira Kencana sejak 12 juni lalu dan masih belum ditemukan. Ronald Siagian/selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sungguh malang nasib Anto, pemudik asal Provinsi Riau ini. Langkahnya untuk pulang ke kampung halaman ke Madiun seketika terhenti ketika mengetahui ayahnya hilang diatas Kapal Wira Kencana saat perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak.

Pria berusia 30 tahun ini bercerita, ayahnya bernama Rusman (65) hilang diatas KMP Wira Kencana pada tanggal 12 juni 2018 lalu. Saat itu, Ia bersama dengan ayah dan ibunya hendak mudik ke Madiun dari Riau menggunakan bus Putera Remaja. Ia baru mengetahui ayahnya hilang sekitar 10 menit sebelum kapal bersandar di Dermaga VI, Pelabuhan Merak.

“Jadi bus naik ke kapal itu kira-kira jam 16.00 WIB. Pas masuk kapal, saya, ibu dan bapak turun dari bus ke atas kapal . Kira-kira saat kapal mau sandar, kami naik keatas bus. Cuman karena AC tidak menyala, bapak turun lagi dari bus.  Katanya mau car angin,” ungkap warga Kompleks PT Pulau Sambu, Desa Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau ini di Mapolsek KP Merak kepada awak media,  Senin (18/6/2018).

Ketika kapal sandar, kata Anto, Iapun panik mengetahui ayahnya tidak naik bus. Ia kemudian turun dari bus ke kepal untuk mencari ayahnya. Setelah dicari, orangtuanya tak juga ditemukan.

“Saya cari-cari bapak ngga ketemu-ketemu. Saya minta tolong kru bus sama kru kapal untuk cari bapak, ngga ketemu juga,” tandasnya.

Ia pun kemudian membatalkan mudiknya untuk mencari ayahnya di Pelabuhan Merak. Selama satu minggu, kata Anto, dirinya harus tidur berpindah didalam pelabuhan untuk mencari orangtuanya. Dan sampai saat ini, ayahnya tak kunjung ditemukan. Ia berharap, orangtuanya dapat segera diketemukan.

“Ibu saya pulang duluan. Saya tinggal disini (Merak) untuk cari bapak. Sudah saya lapor kejadian ini ke pihak kapal, tapi sampai saat ini belum ada laporan kalau orangtua saya ditemukan, ” tandasnya. (Ronald/Red)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here