CILEGON, SSC – Pemudik mulai memadati Pelabuhan Merak, Cilegon. Diprediksi puncak arus mudik untuk penumpang dan kendaraan roda dua terjadi hari ini atau tiga hari (H-3) sebelum Lebaran.

General Manajer PT ASDP Cabang Merak, Fahmi Alweni mengatakan, arus mudik penumpang dan kendaraan roda dua diperkirakan melonjak pada H-4. Hari ini, kata Fahmi, akan menjadi puncak arus mudik.

“Untuk H-4, penumpang diprediksi terjadi lonjakan. Sementara puncaknya di H-3. Begitu juga dengan kendaraan roda dua akan terjadi lonjakan dan puncaknya di H-3, ” ujar Fahmi di Kantor ASDP Merak, Selasa (12/6/2018).

Sementara untuk penumpang kendaraan pribadi, kata Fahmi, puncak arus mudik terjadi pada hari kelima (H-5) sebelum Lebaran. Pada H-4 dan H-3, jumlah kendaraan pribadi diperkirakan menurun.

“Kalau kita lihat hari ini, jumlah kendaraan pribadi dibawah H-6 dan H-5. H-6 itu sebanyak 13 ribu kemudian H-5 sebanyak 14 ribu. Hari ini kita prediksi sekitar 10 ribu,” urainya.

Fahmi mengatakan, trend puncak arus mudik penumpang dan roda dua tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Diperkirakan pada puncak mudik ini sekitar 16 ribu motor akan diseberangkan.

“Kalau untuk kendaraan pribadi, puncaknya terpecah. Kita perkirakan H-5 kemarin itu puncaknya,” tandasnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan, ASDP menyediakan 31 loket penumpang, 28 loket roda dua dan 17 loket khusus kendaraan campuran. kapal-kapal berukuran besar juga dioperasikan secara maksimal. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here