CILEGON, SSC – Ribuan Pemudik roda dua mulai menyerbu Pelabuhan Merak, Cilegon, Selasa (12/6/2018) dini hari. Untuk memecah antrean, Pemudik yang terkonsentrasi di Dermaga VI itu disebar oleh petugas kedermaga lain.

Pantauan Selatsunda.com di lapangan, pemudik mulai terlihat masuk ke dermaga VI sekitar pukul 18.00 WIB. Satu persatu, pemudik langsung memadari 4 dari 5 tenda antrean yang tersedia. Tampak petugas sibuk mengatur kendaraan pemudik di Dermaga VI. Satu persatu, portal dari 4 area antrean mulai dibuka. Pemudik kemudian disebar baik di kapal yang sandar di Dermaga VI maupun dermaga lainnya.

“Tadi jam 18.00 WIB kemarin, udah padat banget. Jadi, atas intruksi dari PT ASDP semua dermaga kita pergunakan. Dikhawatirkan, di dermaga VI terjadi penumpukan penumpang,” kata salah seorang petugas PT ASDP Cabang Merak, Sucipto dilokasi.

Dengan menyebar pemudik  ke dermaga lain, kata Sucipto, antrean dapat diantisipasi dan diurai.

Sementara salah seorang pemudik, Syarif mengatakan, perjalanan mudik dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak dinilai lebih cepat dari tahun sebelumnya. Begitupun saat masuk ke atas kapal,  kata Syarif,  dirinya tidak perlu menunggu terlalu lama.

“Kalau tahun lalu bisa sampai 4 jam nunggu untuk naik ke dalam kapal. Tapi sekarang ini, antrean yang didepan saya cepat masuknya ke kapal. Kalau lihat itu, bisa jadi saya ngga lama lagi nyeberang, ” ujar pria yang akan mudik ke Kota Bandar Lampung. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?