Refleksi HUT Kota Cilegon, Mahasiswa Demo Turun ke Landmark Kritik Pemerintah

108

CILEGON, SSC – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan  Mahasiswa Cilegon (IMC) menggelar aksi unjuk rasa di Landmark Kota Cilegon. Aksi demo dilakukan sebagai bentuk refleksi HUT Kota Cilegon ke-21.

Pantauan Selatsunda.com di lokasi, aksi demo berbeda dengan aksi yang biasanya dilakukan. Demo mahasiswa ditunjukan dengan aksi teatrikal. Dengan mengelilingi Landmark, mahasiswa membawa lembaran-lembaran karton berisi tulisan kritikan terhadap Pemerintah Kota Cilegon.

Ketua IMC Rizki Putra Sandika menyatakan, sejumlah program kerja prioritas pemerintah hingga Cilegon berusia ke-21 masih menyisakan berbagai persoalan. Hingga saat ini, target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menenggah Daerah) masih belum tercapai. Persolan lain yang dikritisi menyangkut keberadaan Kantor Puspemkot yang masih menumpang di lahan milik Krakatau Steel.

“Pemerintah sampai saat ini juga masih belum menuntaskan persoalan banjir, ketidakmerataan infrastruktur pendidikan,” kata Rizki dilokasi, Senin (27/4/2020).

Selain itu, pendemo juga mengkritisi masih rendahnya serapan tenaga kerja. Investasi yang besar malah belum banyak menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Persoalan pengangguran misalnya, dengan masuknya investasi harusnya menjadi solusi. Meski investasi pada modal, seharusnya bisa membuat industri hilir atau seperti yang terdata di RPJMD one vilage one product. Ini sepertinya pemerintah tidak serius,” lanjutnya.

Ia meminta agar pemerintah dapat serius menagani berbagai masalah yang ada di Cilegon. Usia Cilegon ke-21 diminta dapat dijadikan momentum pemerintah untuk melakukan reformasi total di birokrasi demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Lakukan reformasi birokrasi di Kota Cilegon, Pemkot harus serius dalam mengatasi masalah pengangguran lakukan pembangunan dan tata kota yang sistematis dan terkonsep serta sesuai kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here