Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita menyalurkan bantuan kepada warga terdampak gempa di Kampung Karoya, Desa Panjang Jaya, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (3/8/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

PANDEGLANG, SSC – Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau lokasi rumah warga yang terdampak gempa di Kampung Karoya, Desa Panjang Jaya, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (3/8/2019). Dalam tinjauan didampingi Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Mensos menyerahkan bantuan logistik bagi korban gempa di Pandeglang.

Mensos Agus mengatakan, bantuan yang disalurkan ini berupa barang-barang logistik yang dibutuhkan korban terdampak baik paket makanan, barang kebutuhan dasar dan tenda untuk kesiapsiagaan bencana. Selain itu, Kementerian Sosial juga menyalurkan bantuan stimulan rehabilitasi rumah. Bantuan ini nantinya diperuntukan untuk membangun kembali rumah korban bencana.

Khusus terkait bantuan stimulan, Mensos berpesan agar warga yang rumahnya rusak dapat benar-benar memperhatikan pembangunan konstruksi kedepan. Konstruksi yang dibangun diharapkan dapat lebih kuat dan tahan gempa.

“Kami pesankan kepada warga yang kami beri bantuan agar membangun rumahnya itu sesuai dengan teknis-teknis yang dasar sehingga rumah-rumah tersebut yang baru lebih tahan gempa,” ujarnya.

Ia menerangkan, bantuan lain berupa santunan juga diberikan kepada warga yang meninggal dunia saat kejadian gempa. Informasi terakhir di Kemensos, ada 3 warga yang tercatat meninggal dunia.

“Santunan ahli waris juga akan kami siapkan. Sampai siang ini, laporan 3 orang meninggal dunia. Kami juga tidak berdoa akan bertambahnya korban meninggal. Tetapi berapapun itu korban meninggal tentu akan kami siapkan,” paparnya.

Ia berharap, kejadian ini tidak terjadi kembali. Namun untuk mengurangi resiko bencana kedepan perlu ada upaya dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang intens melaksanakan kegiatan mitigasi. Menurut Mensos, mitigasi penting dilaksanakan untuk memantapkan kesiapsiagaan bencana sekalipun pihaknya mengetahui jika Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah memulainya di daerah pesisir dengan kampung siaga bencana. Diharapkan, mitigasi dapat dijalankan diseluruh lapisan agar masyarakat lebih melek menghadapi bencana.

“Kita harus menyadari memang ini potensi, untuk rawan gempa yang relatif ada. Sehingga memang ada satu kebutuhan, agar masyarakat secara umum di Pandeglang bisa melek. Melek terhadap kesiapsiagaan dari kebencanaan ini sendiri. Mitigasi ini sangat penting, program-program mitigasi sangat penting,” tuturnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?