Mantan Cawapres, Sandiaga Uno memberi orasi ilmiah dalam agenda Sidang Senat Stie Graha di salah satu hotel di Kota Cilegon, Sabtu (26/10/2019). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Mantan Cawapres RI, Sandiaga Uno memberikan orasi ilmiah pada Sidang Senat STIE Prima Graha saat di salah satu Hotel di Kota Cilegon, Sabtu (26/10/2019). Sandiaga dalam orasi selama 1 jam mengajak para generasi muda untuk memanfaatkan peluang usaha di era revolusi industri 4.0.

Ia menyebut, sudah saatnya di era revolusi industri 4.0 ini generasi muda dapat mengembangkan potensi yang ada lewat membuka peluang usaha. Itu dapat dimulai bukan hanya pengusaha tetapi mahasiswa di perguruan tinggi.

“Mereka bisa mengembangkan potensi yang ada dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Kalau ada kemauan, semua pasti bisa berwirausaha. Apa lagi kaum milenial itu dikenal kreatif, inovatif,” kata Sandiaga dihadapan Wisudawan Sarjana Angkatan VIII.

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, menurut Sandiaga, generasi muda harus memiliki motivasi tinggi untuk berwirausaha. Karena di era ini masih banyak yang menganggur. Oleh karena itu generasi muda harus lebih termotivasi dalam menciptakan lapangan pekerjaan dengan SDM profesional.

“Data yang saya miliki sebanyak 15,28 persen
usia 12 hingga 25 tahun masih banyak yang menganggur. Tidak hanya pengangguran, katanya, yang sudah bekerja pun belum tentu aman. Perkiraan terdapat 60% pekerjaan yang sangat berisiko dan bisa tergantikan dengan revolusi 4.0 yang mengharuskan kita untuk tetap efisiensi,” tambahnya.

Agar peluang wirausaha dapat dikembangkan, kata Sandiaga, perlu dukungan dari Pemprov Banten. Pemprov diharapkan juga turut membantu dalam memecahkan berbagai persoalan yang ada di era Revormasi Industri 4.0 demi kemajuan generasi muda.

“Pemprov Banten harus mampu memecahkan persoalan revolusi industi 4.0. Jangan sampai kondisi ini, justru memberatkan para generasi muda untuk menangkap peluang-peluang usaha yang ada,” ucapnya.

Ketua STIE Prima Graha Haerofiatna mengaku sangat terhormat hadirnya Mantan Cawapres Sandiaga Uno memberikan orasi di STIE Prima Graha ini. Pesan yang disampaikan sangat berarti bagi para mahasiswa.

“Sangat luar biasa Pak Sandiaga Uno dapat hadir ke sini memberikan orasi membangun untuk para mahasiswa di STIE Prima Graha. Sebenarnya, kita mengundang Pak Wakil Presiden Ma’ruf Amin, namun karena beliau ada kesibukan, yang hadir ke acara wisuda akhirnya Pak Sandiaga,” ucapnya. (Ully/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini