Aktivitas produksi baja lapis di pabrik PT NS BlueScope Indonesia, Kota Cilegon. (Foto Dok Istimewa)

JAKARTA, SSC – Perusahaan baja lapis, PT NS BlueScope Indonesia telah 15 tahun menyalurkan berbagai bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat Kota Cilegon. Bahkan disaat bedlangsungnya pandemi Covid-19, perusahaan patungan Nippon Steel dan Bluescope yang berlokasi pabrik di Kota Cilegon ini juga perduli menyalurkan bantuan CSR bagi masyarakat yang terdampak.

Government and Public Affairs Manager PT NS Bluescope Indonesia, Maharany Putri mengatakan, perusahaan sudah sejak tahun 2007 berkomitmen untuk menjalankan program CSR di Cilegon. Program yang dijalankan beragam mulai dari bantuan berupa donasi, konstruksi, keselamatan, lingkungan dan pendidikan. Dalam program tersebut, karyawan juga turut terlibat aktif membantu dalam penyaluran CSR.

Perusahaan antara tahun 2020 dan 2021, kata Maharany telah menyalurkan program CSR di Cilegon sebesar Rp 825 juta. Di tahun 2021 bermitra dengan Habitat for Humanity, perusahaan membangun tiga rumah dengan individual toilet dan renovasi sistem sanitasi SMP PGRI 2 Citangkil.

Baca juga  Truk Tangki Air Minum Tabrak Rumah Makan dan Bengkel di Merak, Sopir Tewas Ditempat

“Inisiatif ini memberikan dampak kepada 250 penerima manfaat langsung dan tidak langsung termasuk kelompok minoritas, masyarakat di Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil dan karyawan kami,” ujar Maharany lewat keterangan tertulisnya, Kamis (23/9/2021).

Perusahaan pada tahun yang sama ditengah pandemi Covid-19 juga tidak berhenti peduli sosial kepada masyarakat yang terdampak. Pabrik yang berdiri sejak 1973 ini memberi bantuan berupa tabung oksigen, regulator, dan konsentrator melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon.

“Donasi ini diperuntukan bagi komunitas terkonfirmasi Covid-19 Kota Cilegon yang membutuhkan oksigen pada saat isolasi di rumah, yang mana kelangkaan oksigen merupakan salah satu tantangan bagi kita semua,” terangnya.

Selain bantuan CSR tersebut, lewat Habitat for Humanity perusahaan mengusulkan pembangunan 3 rumah masyarakat minoritas penyandang disabilitas dan perpustakaan sekolah dan menyumbangkan 1.000 buku. Ada pula bantuan berupa pendirian Bank Sampah Digital bagi masyarakat untuk mengelola sampah menjadi bermanfaat.

Baca juga  Buruh di Cilegon Geruduk Kantor Walikota, Tuntut UMK 2022 Naik 10 Persen

“Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat dalam memaksimalkan pengolahan sampah melalui pelatihan, untuk menghasilkan pendapatan tambahan terutama bagi ibu rumah tangga,” paparnya.

Perusahaan dalam program CSR juga fokus pada pengembangan skill SDM lokal. BlueScope mendonasikan berbagai sarana baik peralatan, utilitas, fasilitas, biaya pelatihan, dan sertifikasi untuk program pelatihan termasuk Welding, Mechanical Electrical, Crane, Scaffolding dan ForkLifts.

“Perusahaan menjalankan program tersebut
bekerjasama dengan Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Cilegon,” ungkapnya.

Maharany mengungkapkan, dengan komitmen yang telah diberikan kepada masyarakat, perusahaan akan lebih meningkatkan kontribusi CSR pada tahun 2022 mendatang.

“Perusahaan pada 2022 berkomitmen mendukung program dan inisiatif CSR sebesar Rp 1 miliar,” pungkasnya. (Ronald/Red)