Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon tengah mengangkut sampah yang terletak di Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kamis (18/4/2024). Foto IST

CILEGON, SSC – Selama Libur Lebaran, volume sampah di Kota Cilegon mengalami kenaikan. Setiap harinya, volume sampah mencapai 310 ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, Sabri Mahyudin mengatakan, setiap hari selama Libur Lebaran, sampah yang masuk ke TPSA Bagendung alami kenaikan mencapai 10-15 persen. Sedangkan, volume sampah pada hari biasanya sebanyak 250-270 ton.

“Jadi saat Libur Lebaran, volume sampah yang diangkut sebanyak 310 ton. Kenaikan volume sampah selama Libur Lebaran ini karena aktivitas rumah tangga yang tinggi dan banyak masyarakat buang sampah di TPA pasar,” kata Sabri kepada Selatsunda.com ditemui di Kantor Walikota Cilegon, Kamis (18/4/2024).

Ia menuturkan, dari 4 UPT sampah yang dimiliki DLH Cilegon, UPT 4 (Pasar Kranggot) menampung sampah terbanyak. Di mana, dalam sehari di UPT 3 dan 4 mengangkut sampah 10-15 truk.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“UPT 3 kan itu di Pasar Kranggot sedangkan UPT 4 lokasinya di Merak dekat dengan Pelabuhan Merak dan Pasar Merak,” tuturnya.

Senada dengan Sabri, Kabid Persampahan pada DLH Kota Cilegon, Muhriji mengungkapkan, pada momentum Libur Lebaran, pihaknya menyiagakan para petugas khusus untuk siaga membersihkan sampah di jalan-jalan protokol saat malam takbir hinhha lebaran H+2.

“Personil yang disiapkan selama libur lebaran ada 50 orang. Masing-masing personil ini kami sebar di masing-masing UPT. Per UPT sendiri ada 15-20 orang,” pungkasnya. (Ully/red)