Proses pencoblosan Pemilu 2024 di salah satu TPS di Kota Cilegon, Rabu (14/2/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Kecamatan di Kota Cilegon sudah dimulai sejak Selasa (20/2/2024). Selama kurang lebih sepekan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon telah merampungkan 1 kecamatan dari 8 kecamatan.

Ketua KPU Kota Cilegon, Patchurrohman mengatakan, rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan dimulai sejak Selasa (20/2/2024) dan diagendakan berakhir Minggu (3/2/2024). Patchurrohman menerangkan, selama berjalan terdapat 1 kecamatan yakni Kecamatan Purwakarta yang telah selesai melakukan rekapitulasi perhitungan suara.

“(Yang telah selesai) Kecamatan Purwakarta, sisanya masih satu kelurahan satu kelurahan. Yang belum selesai, misalkan Jombang tinggal DPRD Provinsi dan DPRD kota itu di Kelurahan Masigit. Kemudian Kecamatan Cilegon tinggal Kelurahan Bagendung, Cibeber tinggal Kelurahan Kedaleman, Citangkil tinggal Kelurahan Lebak Denok dan Kelurahan Kebonsari. Grogol tinggal DPRD Provinsi dan DPRD Kota untuk Kelurahan Gerem dan Pulomerak tinggal Kelurahan Tamansari itu DPRD provinsi dan DPRD Kota,” ucapnya ditemui  di Kantor KPU Cilegon, Senin (26/2/2024).

Baca juga  Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Mulai Rekrut PPK dan PPS

Jika melihat saat ini, kata Patchurrohman, akan ada 2 kecamatan yang segera rampung. Yakni Kecamatan Pulomerak dan Kecamatan Jombang.

“Untuk Pulomerak Insya Allah malam ini selesai, dan juga Jombang diharapkan dapat selesai,” terangnya.

Ia mengungkapkan, penyelesaian rekapitulasi perhitungan suara masing-masing kecamatan tidak bersamaan. Karena bergantung pada jumlah TPS di masing-masing kecamatan. Semakin sedikit TPS di suatu kecamatan, proses perhitungan akan lebih cepat.

“Itu lebih kepada jumlah TPS saja. Seperti di Cibeber,  ada 1 kelurahan yang jumlahnya 60 TPS,  seperti Jombang Wetan TPS nya juga besar. Kalau Ramanuju cuman 7 TPS,” bebernya.

Pihaknya menargetkan, penyelesaian rekapitulasi perhitungan suara di seluruh kecamatan di Kota Cilegon rampung pada Kamis (29/2/2024). Sehingga tahapan selanjutnya Rapat Pleno Rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Kota dapat dilakukan.

Baca juga  Pemkot Cilegon Masih Kaji Rencana Pemindahan RKUD ke Bank Banten

“Diprediksi tanggal 29 Februari insya Allah selesai,” terangnya.

Selama proses rekapitulasi perhitungan suara berjalan, Patchurrohman berpesan agar petugas PPK dapat menjaga kondisi kesehatan. Walaupun bekerja siang dan malam, PPK diharapkan dapat tetap menjaga kesehatannya.

“Ini juga jadi perhatian teman-teman PPK, walaupun kerja maraton bekerja siang dan malam, mohon jaga kesehatan. Saksi juga sama, jaga kesehatan karena ini pancaroba,” harapnya. (Ronald/Red)