Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Cilegon, M Ridwan. (Foto DOk Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Reealisasi anggaran Pemerintah Kota Cilegon hingga akhir Triwulan II Tahun 2022 masih minim. Salah satu OPD yang menyumbang serapan anggaran rendah adalah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Cilegon.

Kepala Dinas Perkim Kota Cilegon, M Ridwan tak menampik jika realisasi anggaran hingga Mei mencapai 9,99 persen. Ia menyatakan, serapan masih minim disebabkan pihaknya hati-hati dalam merencanakan kegiatan/program. Diantaranya termasuk melakukan review dokumen lelang.

“Jadi kita tidak main-main dalam penyiapan dokumen lelang, banyaknya berkas lelang yang membutuhkan pengkajian ulang serta penyiapan berkas dokumen yang perlu sikap kehati-hatian,” kata Ridwan kepada Selatsunda.com ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022).

Meski serapan pada dua triwulan minim, kata Ridwan, Disperkirm akan menggenjot kegiatan dapat terealisasi pada Triwulan III. Kegiatan itu terkait pembangunan 5 Ruang Terbuka Publik (RTP) yang rencananya akan mulai dibangun pada Juli 2022.

Ia menyebut, kelima RTH yang bakal dibangun ini berada di Kecamatan Cibeber, Kecamatan Pulomerak, Kelurahan Sukmajaya, Kelurahan Tegak Bunder dan Kelurahan Panggung Rawi.

“RTP di Kecamatan Cibeber ini kan lanjutan tahun kemarin. Saat ini kita tengah mempersiapkan berkas yang dibutuhkan untuk pembangunan. Kita perkirakan Juli mendatang sudah dimulai pembangunan,” terangnya.

Untuk pembangunan 3 RTP yakni di Kelurahan Tegal Bunder, Sukmajaya dan Panggung Rawi, kata Ridwan, pihaknya mealokasi  anggaran sebesar Rp 1,35 miliar. Setiap kelurahan sebesar Rp 450 juta. Sementara anggaran RTP di Kecamatan Cibeber dan Kecamatan Pulomerak dialokasikan Rp 9 miliar. Di mana masing-masing kecamatan dialokasikan sebesar Rp 4,5 miliar.

“Untuk Pembanguan RTP di 2 kecamatan kita targetkan rampung 4 bulan selesai dikerjakan. Sedangkan untuk RTP di 3 kelurahan rampung di Sepetember mendatang. Saya sih berharap, dengan adanya proyek pekerjaan ini, penyerapan anggaran di Dinas Perkim di Triwulan III bisa terserap 60-70 persen,” tambah Ridwan.

Ridwan menuturkan, selain pembangunan RTP, pihaknya juga berencana akan membebaskan 11 lahan  di 2 Kecamatan dan 9 kelurahan dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 20 miliar.

Mantan Kepala DPUTR ini juga menyinggung pihaknya pada Triwulan III berencana menata 32 hektar kawasan yang masuk kategori kumuh di Kota Cilegon. Penataan itu menyangkut pembangunan drainase lingkungan, tembok penahan tanah di setiap lingkungan dan jalan lingkungan.

Ia berharap, dengan rencana yang telah disiapkan, seluruh kegiatan dapat terserap anggarannya.

“Saya optimis di triwulan III serapan anggaran kita bisa mencapai 60-70 persen,” harapnya. (Ully/Red)