Ilustrasi (Sumber foto : google image)

CILEGON, SSC – DPRD Kota Cilegon akan melakukan evaluasi secara berkala terkait serapan anggaran OPD yang ada di Cilegon. Evaluasi berkala dilakukan agar serapan anggaran pada 2023 dapat direalisasikan secara maksimal.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Nurrotul Uyun setelah DPRD Cilegon menggelar Rapat Gabungan dengan Pemkot Cilegon membahas Realisasi Semester I dan Prognosis Tahun 2023 yang digelar selama dua hari dari Senin-Selasa, 14-15 Agustus 2023.

Uyun menyatakan, dalam rapat gabungan realisasi belanja anggaran pada Semester I 2023 dilaporkan di angka 40 persen. Pada rapat itu, OPD menyampaikan, serapan anggaran belum terealisasi maksimal karena pekerjaan atau kegiatan yang dilaksanakan masih dalam proses. Anggaran baru terserap maksimal pada awal Agustus hingga September mendatang.

“Semua menyampaikan dalam proses dan semua akan mulai berjalan di akhir Agustus ini, menjelang awal September,” ujar Uyun.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Uyun menerangkan, ada sebab mengapa anggaran belum terealisasi maksimal. Hal itu karena terkendala administrasi dan hal lainnya. Meskipun begitu, pihaknya akan mendorong agar Komisi dapat melakukan evaluasi berkala kepada OPD.

“(Kendala) secara adminstratif dan sebagainya. Makanya salah satu yang kita dorong, secara berkala kita minta DPRD melalui komisi terkait untuk mengundang mitra komisinya, untuk melakukan evaluasi progres pencapaian anggaran yang sudah berjalan,” tuturnya.

Pihaknya berharap dengan adanya evaluasi berkala di penghujung tahun nanti serapan anggaran dapat terserap maksimal hingga mencapai 85 persen.

“Sampai akhir tahun kita berharap lebih dari 85 persen bisa terealisasi. Sehingga perlu lompatan usaha yang maksimal untuk menjadikan anggaran bisa terealisasi dengan baik,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta sependapat dengan Wakil Ketua DPRD, Nurrotul Uyun bahwa anggaran harus terealisasi maksimal.

Dari hasil rapat gabungan, kata Sanuji, OPD ditekankan agar lebih melakukan koordinasi dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda. Maka dari itu, Sanuji meminta kepada Sekda, Maman Mauludin agar dapat membantu cepat merealisasikannya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Maka kita kemarin rapat dengan dewan, ditekankan OPD untuk koordinasi lebih kuat, lebih cepat lagi. Kordinasi antara OPD dengan Barjas, misalnya harus bisa terkoordinasi lagi. Saya minta Pak Sekda untuk mengkoordinasikan lebih cepat lagi realisasinya,” ujar Sanuji.

Sanuji meminta OPD dapat cepat melakukan penyerapan anggaran karena saat ini telah memasuki Triwulan III. Ia mengungkapkan, Mada periode itu beban kerja akan lebih banyak maka harus lebih cepat memaksimalkan penyerapan anggaran.

“Memang ini kan tensinya di Triwulan IIII, jadi di Triwulan III ini puncaknya. Jadi memang kemarin masih sesuai target. Jadi karena Triwulan III ini, akan lebih banyak bebannya. Jadi harus siap-siap semuanya,” pungkasnya. (Ronald/Red)