CILEGON,  SSC – Anggota DPRD Kota Cilegon,  Nurottul Uyun meminta agar Pemerintah Kota Cilegon dapat melibatkan DPRD terkait rencana pembangunan sejumlah proyek infrastruktur lewat skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Hal itu perlu agar terdapat kesesuaian antara yang direncanakan eksekutif dengan legislatif.

“Tentunya kita ingin dilibatkan bersama-sama. Agar informasinya tetap sama antara eksekutif dan legislatif. Pemerintahan kan bukan eksekutif saja,  tetapi legislatif juga,” ungkap Uyun ketika dikonfirmasi, Jumat (18/5/2018).

Sekalipun mengetahui tentang kabar rencana itu,  kata Skretaris Komisi III itu,  belum ada rencana pemkot untuk membahas itu secara bersama.  Apalagi,  pihaknya tidak sama sekali tahu hasil dari Capasity Building yang diselenggarakan Pemkot di Kantor Bersama,  pada 8 – 9 Mei 2018 lalu di Jakarta.

“Tidak diundang,  hanya Ketua Dewan (Fakih Usman). Yang jelas, Kita tunggu undangan pemerintah daerah supaya kita memahami.  Ini sama sekali kita belum tahu hasilnya (capacity building) seperti apa,” tandasnya.

Tak itu saja,  kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, ,  rencana pemkot untuk melakukan KPBU terhadap sejumlah proyek termasuk Pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) tak sama sekali diketahui. Begitu juga skema itu akan dikerjasamakan dengan Badan Usaha, PT  Sinergi Semesta Raya (Sinsera) yang telah membahas jauh tentang pra Studi Kelayakan Bisnis atau Feasibility Study (FS).

“Belum (mengetahui proyek KPBU).  Kalau dengan duduk bersama,  kita bisa mengkonfirmasi kepada pemerintah daerah terkait dengan pra FS.  Sekiranya dari pra FS sudah memberikan sebuah gambaran yang detail,  kita sudah punya bahan diskusi bersama terkait dengan rencana JLU. Jadi kita bisa lihat seberapa besar, manfaat dan keuntungan dari konsep KPBU itu,” tuturnya.

Uyun menilai,  skema KPBU merupakan kerjasama yang memiliki tujuan positif. Meski begitu perlu penjelasan detail dari eksekutif agar rencana skema kerjasama itu tetap didukung sepenuhnya.

“Yang pasti buat kami yang paling penting itu adalah ketika ini bagian dari pembangunan Kota Cilegon,  untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik untuk masyarakat,  kita tetap mendukung,” paparnya.  (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here