CILEGON, SSC – Bagi anda yang melaksanakan ibadah puasa mungkin masih bingung untuk mencari spot lokasi yang cocok untuk ngabuburit.

Berlokasi di Lingkungan Tegalwangi Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, anda bisa menyambangi Situ Rawa Arum.
Panorama yang ada ditempat ini sangat indah. Pengunjung dapat menikmati panorama rawa yang sejuk dengan lantar pemandangan perbukitan yang hijau.

Ditempat ini pun, pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas perahu rakit untuk menyusuri rawa. Tidak itu saja, bagi yang ingin menikmati semilir angin dapat menikmati wisata rawa dengan menggunakan sepeda air.

“Sangat pas lah Situ Rawa Arum ini dijadikan objek wisata alam. Daripada ngabuburit di jalan raya, di tambah lagi dengan macetnya yang luar biasa. Situ Rawa Arum dijadikan tempat sambil menunggu magrib bedug buka puasa,” kata pengelola Situ Rawa Arum, Husen Saidan kepada Selatsunda.com di lokasi, Jumat (18/5/2018).

Dari jumlah pengunjung pada bulan puasa ini, lanjut Husen, sangat berbeda dengan hari biasanya. Biasanya perhari hanya dikunjungi sekitar 20-30 orang, namun saat Ramadan ini jumlahnya berkisar 50-100 orang.

“Kenaikannya hampir 10-20 persen dari tahun biasanya. Pengunjung yang datang juga bukan hanya dari Kota Cilegon, tapi dari Pandeglang, Garut, Jakarta,” lanjut Husen.

Untuk menambah daya tarik, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Banten dengan harga terjangkau di situ ini. Pengunjung dapat menikmati hidangan berbuka diatas perahu rakit yang tidak dipungut bayaran.

“Untuk menu yang disiapkan di sini, harganya sangat terjangkau. Mulai dari Rp15.000 hingga Rp28.000 per porsi. Sambil berbuka, pengunjung juga naik perahu rakit gratis,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Jelita (35) warga Cilegon mengaku, hampir setiap sore datang ke Situ Rawa Arum sambil menunggu waktu buka puasa tiba.

“Enak aja tempatnya. Apalagi kalau ada rakit di sini. Pengunjung yang datang bisa nyaman sambil nunggu buka puasa, ” pungkasnya.

Bagi yang mau mengunjungi situ, berhati-hatilah saat masuk kelokasi ini. Akses jalan masuk masih belum begitu bagus. Karena sampai saat ini belum mendapat perhatian Pemerintah Kota Cilegon untuk diperbaiki. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here