J.CO Donat Buka Outlet Kedua di Cilegon Centra Mal. Kehadiran outlet ini menambah pajak restoran di Kota Cilegon di 2021,” Jumat (18/6/2021). Foto : Elfrida Ully/S

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menaikkan target penerimaan pajak restoran pada Tahun 2021 sebesar Rp 27,6 miliar dari 2020 lalu sebesar Rp 21 Miliar.

Kepala Bidang Pajak Daerah pada BPKAD Hadi Permana mengatakan, peningkatan pajak restoran ini diperoleh dari beberapa sumber diantaranya dari usaha katering dan rumah makan.

“Dari Januari hingga Juni ini, kita (Pemkot Cilegon) kita sudah memperoleh pendapatan pajak dari restoran sebesar Rp 11,7 miliar atau baru tercapai 43 persen,” kata Hadi kepada Selatsunda.com usai peresmian JCO Donuts di Cilegon Center Mall, Jumat (18/6/2021).

Untuk mengoptimalkan target pendapatan pajak restoran di 2021, sambung Hadi, BPKAD terus melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap wajib pajak. Selain itu, pihaknya pun akan mendata semua restoran yang berpotensi meningkatkan pendapatan pajak.

Baca juga  Wali Murid SDN di Cilegon Keluhkan Pembelian Buku Paket Ditengah Pandemi

“Kalau yang belum bayar pajak tentunya akan kami periksa dan tanyakan apa kendala mereka belum membayarkan pajak restoran ke pemerintah,” sambung Hadi.

Disinggung soal rendahnya target pendapatan pajak restoran di 2020 lalu, ia beralasan jika Pemkot Cilegon menurunkan target pajak restoran sebesar Rp 6 miliar karena faktor pademi Covid-19 (Virus Corona). Meski target di 2020 diturunkan, target tersebut justru mencapai target yang diinginkan.

“Tahun lalu kan ada Covid-19 jadi target pajak restorannya di turunkan hingga Rp 21 Miliar. Tapi, kami optimis di 2021, target retribusi restoran bisa mencapai target bahkan lebih dari target yang pemerintah inginkan,” ucap Hadi. (Ully/Red)