CILEGON, SSC – Kota Cilegon akan memiliki gedung pusat pengendalian dan operasional (Pusdalop). Rencananya pembangunan ini akan dilakukan di 2025 mendatang.

Kepala BPBD Kota Cilegon, Suhendi mengatakan, pembangunan gedung pusdalop rencananya akan dibangun oleb BNPB. Kota Cilegon hanya diminta untuk menunjukan lokasi atau tanah miliki pemerintah agar bisa dibangun gedung Pusdalop.

Mantan Sekretaris Pendidikan (Sekdis) Cilegon ini pun mengaku, jika lokasi pembangunan gedung pusdalop akan dibangun di lahan tak jauh dari kantor BPBD dan Dinas Perpustakaan.

“Untuk lokasi gedung tak jauh dari lahan dekat kantor BPBD dan kantor Dinas Perpustakaan. Rencananya, gedung pusdalop 1 lantai. Jadi nanti kita menerima kunci, dibangunkan dari Bnpd dan diberi alatnya. Kita nanti tinggal menggunakan gedung dan alatnya,” ujarnya, Kamis (4/7/2024).

Baca juga  Pengurus DPW ISAA Banten 2024-2028 Dilantik, Ini yang Disampaikan Ketum DPP Aris

Ia menjelaskan, gedung pusdalops nanti dapat memantau perkembangan situasi bencana secara real-time melalui data dan informasi yang tersedia. Dengan data yang akurat dan terkini, pusdalops membantu pengambilan keputusan yang cepat dan efektif saat penanganan kebencanaan.

“Karena keberadaan gedung pusdalops ini sangat penting maka Pemerintah Pusat melalui anggaran dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) akan membangun nya di Kota Cilegon sehingga kami hanya menyiapkan lahannya saja,” tandasnya. (Ully/Red)